Pujian Menparekraf RI untuk Wisata Militer dan Kampung Adat Cireundeu

JABAR EKSPRES – Lebih dari 30 komunitas ekonomi kreatif di Kota Cimahi ikut serta dalam dialog yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno.

Dialog yang diadakan pada Rabu, 13 Desember 2023 di Inaka Coffe, Kota Cimahi itu juga dihadari oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cimahi, Budi Raharja.

Dalam dialog tersebut, Menparekraf RI itu juga membahas perkembangan wisata di Kota Militer tersebut selama beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: 2 Bangunan Bersejarah Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya Kota Cimahi

Pada kesempatan itu juga, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi ingin mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Hal ini dilakukan Pemkot untuk penggunaan bangunan bersejarah oleh milik militer di Kota Cimahi.

“Nanti kami akan fasilitasi kalau ingin buat MoU dengan Kemenhan. Kami terbuka untuk fasilitasi agar kunjungan gak numpuk di Bandung padahal di Cimahi ada destinasi unggulan,” ucap Menparekraf RI, Sandiaga Uno, dilansir dari Pemkot Cimahi.

Selain itu, Sandiaga Uno juga memuji keberadaan Kampung Adat Cireundeu yang hingga kini masih menjaga tradisi, yakni pangan beras singkong alias rasi.

“Ada Kampung Adat Cireundeu sejak tahun  1918 sudah memelihara beras singkong. Ini jadi kekuatan Kampung Adat Cirendeu,” tuturnya. (*)

BACA JUGA: Menelisik Potensi Wisata di Kota Tentara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan