KPU Kabupaten Bandung Pastikan Distribusi Seluruh Item Pemilu 2024 Sudah Hampir 100 Persen

JABAR EKSPRES – Ketua KPU Kabupaten Bandung Divisi Hukum dan Pengawasan, Yohanes Paulus Indartono mengatakan, saat ini seluruh item untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 di wilayah Kabupaten Bandung sudah hampir terpenuhi.

Menurutnya, dari 8 item pemilu sudah hampir 100 persen berada di Gudang KPU Kabupaten Bandung, di Kecamatan Katapang.

“Kotak suara, Bilik suara, Kabel Ties, Tinta, Segel sudah 100 persen, hanya tinggal sampul formulir dan sebagian Surat Suara yang saat ini satu truk masih dalam perjalanan karena tadi mengalami kendala,” ujar Yohanes saat ditemui di Gudang KPU Kabupaten Bandung, Jumat (15/12/2023).

Selain itu, Yohanes menyebutkan, terkait surat suara sebanyak 2,7 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Kabupaten Bandung sudah ditambah 2 persen dari jumlah tersebut.

BACA JUGA: Satu dari Tiga Truk Distribusi Logistik Surat Suara ke KPU Kabupaten Bandung Alami Mogok

“Sebenarnya pengiriman yang hari ini sudah memenuhi, cuman sesuai dengan aturan setiap TPS itu harus ada lebih 2 persen,” katanya.

Yohanes pun menjamin, jika semua surat suara yang dikirim ke Gudang KPU Kabupaten Bandung dalam kondisi baik.

“Semua dalam kondisi baik, jadi yang di nganjuk itu ada pernah seperti habis tinta kan langsung diganti yang di kirim ke sini itu pokoknya sudah melalui proses sortir dan baik,” tuturnya.

Selain itu, Yohanes menyebut jika seandainya terjadi kerusakan baik itu hasil cetak dan lainnya akan segera dibuatkan Berita Acara dan melakukan pergantian

“Jadi kalau misalnya nanti ada yang rusak, nanti kita tinggal bikin berita acara dan minta diganti dengan yang baru,” ungkapnya.

Adapun kata Yohanes, saat ini semua pengiriman surat suara dari Nganjuk Jawa Timur untuk DPR-RI dan DPRD Provinsi sudah selesai.

Namun, untuk surat suara Presiden dan DPD rencananya akan datang kembali pertengahan bulan ini.

“Kemudian akan datang lagi itu dari tanggal 16,17, 18 dari Pabrik Cimanggung untuk Presiden dan DPD,” terangnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Bandung Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat, Sri Mustari mengatakan pendistribusian logistik ke Gudang KPU Bandung dari Nganjuk Jawa Timur ini sejak awal sangat dijaga ketat oleh Bawaslu dan Kepolisian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan