Covid-19 Kembali Menyebar, Orang Bergejala Flu Dianjurkan Pakai Masker

Jabar Ekspres – Pandemi COVID-19 sudah mulai mereda, tetapi belum berakhir. Kasus COVID-19 kembali meningkat akhir-akhir ini, terutama di kalangan orang-orang yang bergejala flu.

Menurut Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. Dr. R. Budi Haryanto, SKM, M.Kes, M.Sc, orang-orang yang bergejala flu, terutama yang mirip dengan gejala COVID-19, perlu menggunakan masker untuk mencegah penularan. Hal ini penting karena banyak orang yang sebenarnya mengidap COVID tetapi tidak menyadarinya.

Selain orang-orang yang bergejala flu, orang-orang yang rentan terhadap COVID-19, seperti orang tua, ibu hamil, dan anak-anak, juga sebaiknya menggunakan masker di tempat-tempat umum.

BACA JUGA: Pneumonia Mulai Masuk di Indonesia, Kemenkes Siapkan Jaringan Laboratorium

“Kemudian bagi mereka-mereka yang rentan, ya. Seperti orang tua, ibu hamil, anak-anak kecil, kalau di tempat-tempat umum, sebaiknya juga menggunakan masker gitu,” ujar Budi dikutip dari Antara News, Kamis (14/12).

Budi mengatakan, pencegahan menjadi penting dalam pengendalian penyakit. Saat ini, orang kembali menyentuh benda-benda di tempat umum, sehingga perlu digalakkan kembali protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan memakai masker.

Jika Anda mengalami gejala-gejala flu yang mirip dengan COVID, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan berkumpul dengan banyak orang terlebih dahulu, dan tetaplah menggunakan masker di rumah.

“Di rumah dulu lah, sampai sembuh, baru kemudian silahkan keluar dengan menggunakan masker, karena habis sembuh dan masih gejala itu sebenarnya virusnya juga bisa menularkan,” ujar Budi.

BACA JUGA: Gibran Salah Ucap “Asam Sulfat”, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Klarifikasi

Untuk mencegah penularan COVID-19, sebaiknya Anda menggunakan masker jika Anda mengalami gejala flu, terutama yang mirip dengan gejala COVID-19. Anda juga sebaiknya menggunakan masker di tempat-tempat umum, terutama jika Anda rentan terhadap COVID-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan