Tren Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Pj Bupati Bandung Barat: Jangan Berlebihan Meresponnya

JABAR EKSPRES – Menjelang akhir tahun 2023, tren kasus COVID-19 di Jawa Barat kembali meningkat, tercatat setidaknya ada 83 orang positif terpapar COVID-19.

Menanggapi hal ini, Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif menegaskan, kasus COVID-19 di wilayahnya masih dalam kondisi stabil dan belum ada laporan terkonfirmasi positif.

“Masih relatif rendah, namun tetap harus waspada,” kata Arsan di Ngamprah, Kamis 14 Desember 2023.

Baca juga: Gempa Bumi M 4,7 Guncang Sukabumi hingga Kabupaten Bogor, Ini Rekomendasi PVMBF

Menurutnya, yang terpenting saat ini, masyarakat diimbau jangan berlebihan dalam meresponnya. “COVID-19 disebabkan oleh kelalaian,“ imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB tengah melakukan upaya antisipasi terhadap potensi lonjakan kasus COVID-19 menyusul peningkatan virus Corona di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjayanto, mengatakan bahwa pihaknya kembali akan menggencarkan kembali penerapan protokol kesehatan.

“Seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker, terutama di tempat-tempat keramaian dan di daerah yang kasusnya meningkat,” katanya.

Hernawan menyatakan bahwa peningkatan kasus COVID-19 dapat terjadi karena tingginya mobilitas warga setelah pemerintah pusat mencabut Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan menjadikan protokol kesehatan sebagai budaya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan pentingnya menjaga pola hidup sehat, seperti istirahat yang cukup, makan yang teratur dan bergizi, serta menghindari stres untuk meningkatkan imunitas. Pihaknya juga akan meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, dengan dukungan stok vaksin dari pemerintah provinsi.

“Hingga saat ini, kami belum menerima laporan adanya penambahan kasus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat. Namun, kami mengimbau masyarakat yang mengalami gejala mirip COVID-19 untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” ungkap Hernawan. (Wit)

Baca juga: BEM STIT Bina Putera Banjar Gelar Turnamen Bola Voli Tingkat SMA

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan