Gempa Bumi Terkini Guncang Kota Bogor M 2,8, Ini Kata BMKG

JABAR EKSPRES – Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 2,8 kembali mengguncang Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 12 Desember 2023 pukul 03.05 WIB.

Melansir dari BMKG, pusat gempa bumi di Kota Bogor pada titik lokasi 6/67 Lintang Selatan (LS) dan 106.53 Bujur Timur (BT).

Gempa bumi terjadi di 30 km barat daya Kota Bogor, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km.

Baca juga: Pj Wali Kota Banjar Offside, Bawaslu Harus Tetap Selidiki dan Kaji

“Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis akun X @infobmkg pada Selasa, 12 Desember 2023.

Namun, hingga kini, belum diketahui pasti mengenai dampak kerusakan dari gempa bumi yang terjadi di Kota Bogor itu.

Gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Terdapat beberapa penyebab gempa bumi, antara lain pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi dan letusan gunung api.

Kekuatan gempa bumi dapat diukur menggunakan alat seismometer. Sedangkan skala yang digunakan secara umum dan menjadi satuan seluruh dunia adalah moment magnitudo.

Apabila terjadi gempa bumi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh mengimbau masyarakat untuk melakukan perlindungan diri, antara lain jangan panik, jauhi bangunan tinggi, gunakan tangga darurat dan jangan gunakan lift, segera evakuasi ke tempat yang lebih aman, serta ikuti instruksi dari pemerintah setempat.

 

Baca juga: Dugaan Korsleting Listrik, Peternakan Ayam di Nagrak Sukabumi Alami Kebakaran hingga Telan Kerugian Rp3 Miliar

Artikel ini telah tayang di radarcirebon.disway.id dengan judul Bogor Digoyang Gempa 2.8 Magnitudo, Warga Diminta Tenang dan Waspada: https://radarcirebon.disway.id/read/170626/bogor-digoyang-gempa-28-magnitudo-warga-diminta-tenang-dan-waspada 

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan