Peradi Kota Bogor Gandeng Wartawan Lakukan Deklarasi Damai Pilpres 2024

JABAR EKSPRES – Para advokat yang terhimpun dalam Peradi Kota Bogor berkolaborasi dengan Insan Pers Bogor Raya menggelar penandatangan bersama Deklarasi Damai Pilpres 2024 tingkat Kota Bogor pada Senin, 11 Desember 2023.

Kegiatan bertajuk ‘Pilpres Sehari Jangan Goyah Silaturahmi’ yang berlangsung di Teras Dara Café n Resto, Kecamatan Tanah Sareal ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim serta perwakilan partai politik di Kota Bogor.

Ketua DPC Peradi Kota Bogor, Gunara mengatakan, kegiatan deklarasi damai Pilpres 2024 ini untuk memastikan penyelenggaraan Pilpres 2024 berjalan aman, dan kondusif. Ada tiga Pasangan Capres dan Cawapres telah resmi diumumkan KPU RI, dan kini tengah bersaing meraih simpati masyarakat.

Ia menjelaskan, kegiatan ini didasari pelaksanaan diskusi antara Peradi Kota Bogor dan Insan Pers yang memposisikan diri sebagai professional dan netral, bersepakat menghendaki adanya pelaksanaan pemilu secara baik di tingkat Kota Bogor.

BACA JUGA: Cara Mudah Pindah Lokasi Memilih untuk Pemilu

“Latar belakang acara ini diawali adanya pertemuan dengan teman-teman insan pers, maka kami berkolaborasi untuk menyelenggarakan pemilu damai,” kata Gunara.

Menurutnya, mengapa hal ini sangat penting karena tak menutup kemungkinan eskalasi politik di Indonesia bisa berlangsung panas.

“Seperti saya mencontohkan Bogor ini dingin, tapi tetap angin dan petir ini selalu ada. Apabila ini tidak dicermati dengan baik maka hal ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” paparnya.

Oleh karenanya, pada kegiatan Deklarasi Damai Pilpres 2024 tingkat Kota Bogor juga sebenarnya mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kami sayangkan KPU dan Bawaslu tidak hadir, padahal mereka adalah penyelenggaraan Pemilu,” lirihnya.

Dalam kegiatan ini, sambung dia, menghadirkan perwakilan dari tiga tim pemenangan daerah masing-masing pasangan calon, serta para unsur pimpinan partai politik dan juga melibatkan seluruh stakeholder termasuk organisasi kepemudaan.

BACA JUGA: Nurunnisa Setiawan, Caleg Muda Gerindra Siap Perjuangkan Hak Perempuan dan UMKM

Terakhir, unsur Forkominda Kota Bogor, untuk menyatukan persepsi dalam penyelenggaraan Pemilu yang damai, jujur dan adil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan