DSDABM Ungkap Penyebab Kopo Banjir, Ada Oknum Sumbat Rupom dan Drainase

JABAR EKSPRES – Kopo jadi salah satu wilayah yang sering menghiasi jagat maya perihal banjir yang kerap terjadi akibat intensitas hujan tinggi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya menyelesaikan persoalan tersebut melalui pembangunan Kolam Retensi hingga Rumah Pompa (Rupom).

Namun, nyatanya pembangunan tersebut tak berdampak signifikan terkait penyelesaian banjir di wilayah Kopo, Kota Bandung. Genangan kerap terjadi seusai daerah tersebut diterjang hujan dengan intensitas tinggi.

Usut punya usut, lewat unggahan yang diabadikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Didi Ruswandi. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya sumbatan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, baik dari rumah pompa hingga drainase di bahu jalan.

BACA JUGA: Gedebage Masih Kebanjiran, Pemkot Bandung Terus Cari Solusi

Ini kali kedua penyumbatan Rupom Kopo Citarip terjadi setelah sebelumnya pernah rusak akibat sampah yang ikut terbawa genangan.

“Penyampahan sampah ke sungai pernah membuat pompa pengendali banjir di Kopo Citarip ini rusak karena tersumbat. Kali ini kejadian kedua hampir kembali terjadi,” kata Didi dilihat Jabar Ekspres, Senin, 11 Desember 2023.

Selain itu, menurutnya, ada pola kesengajaan yang dilakukan oleh oknum tersebut terkait penyumbatan yang dilakukan di Ropam hingga Drainase.

Hal ini berkenaan dengan sumber rezeki yang bisa didapat apabila wilayah Kopo tergenang oleh banjir. Masyarakat bisa mendapat berkah dengan memberikan bantuan dorongan kepada kendaraan yang mogok akibat menerjang banjir.

BACA JUGA: Antisipasi Bencana Banjir, JRN Bersihkan Sampah di Sungai Cicukang Bandung

“Memang bukan penyebab utama genangan, tapi rutin ada yang menyumbat tali-tali air untuk mengais rezeki. Dari usaha mogok dampak genangan,” tulis Didi.

Namun terlepas dari hal tersebut, Pemkot Bandung mesti gerak cepat mengatasi permasalahan banjir. Hal ini berkenaan dengan intensitas hujan yang semakin tinggi. Genangan pun pastinya bukan terjadi karena permasalahan tersebut, pasti ada hal-hal lain yang menyebabkan Banjir kerap di Kopo Citarip.

Pasalnya, permasalahan ini menjadi penyakit yang tiap tahunnya banjir kerap terjadi di wilayah tersebut. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan