Debat Pertama Capres-Cawapres Dimulai Besok, Inilah 11 Panelis yang Rumuskan Pertanyaan 

JABAR EKSPRES – Debat pertama ketiga pasangan calon (paslon) akan diadakan pada Selasa, 12 Desember 2023 yang bertempat di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketiga paslon yang akan saling beradu gagasan sebagai calon pemimpin tertinggi, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Format yang akan diterapkan dalam debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pertama ini adalah town hall meeting atau town hall. Yaitu ketiga paslon berada di tengah dan penonton mengelilingi panggung acara debat tersebut.

Baca juga: Ganjar Pranowo Gagas LP Nusakambangan Penjara untuk Koruptor

Selain itu, KPU RI juga telah menentukan 11 nama panelis yang turut andil dalam debat capres-cawapres kali ini, antara lain Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik Undana Rudi Rohi, Ahli Hukum Tata Negara Undip Lita Tyesta ALW, Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi, dan Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto.

Selanjutnya, terdapat Pakar Tata Hukum Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono, Ketua Komnas HAM 2017 sampai dengan 2020 Ahmad Taufan Damanik, Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin, Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, dan Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi.

Kemudian, moderator dalam debat capres-cawapres jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Diketahui, keduanya telah ditunjuk secara resmi oleh KPU RI.

Para panelis yang telah ditunjuk oleh KPU RI telah menjalani masa karantina sejak Minggu 10 Desember 2023 sampai dengan Rabu 13 Desember 2023 dan sudah menandatangani pakta integritas. 11 panelis tersebut diberi mandat oleh KPU RI untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada ketiga paslon dalam debat capres-cawapres yang akan berlangsung lima kali.

Baca juga:  Menohok! Ini Tanggapan Prabowo Soal Ejekan “Jualan Jokowi”

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan