Informasi Lengkap BLT EL Nino, Simak Detail Progtam dan Cara Cek Status Penerima

JABAR EKSPRES- Berikut adalah petunjuk untuk memeriksa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 pada bulan Desember 2023 yang dapat Anda manfaatkan. Pada bulan Desember 2023, pemerintah kembali memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat melalui program BLT El Nino.

Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino kepada masyarakat yang berada dalam kategori miskin, rentan, dan terdampak El Nino. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan rencananya untuk memberikan BLT sebesar Rp200.000 per bulan untuk periode November-Desember 2023 secara rapel atau sekaligus sebesar Rp400.000.

BACA JUGA: BLT EL Nino Desember 2023, Bantuan Sebesar Rp400 Ribu Akan Segera Disalurkan

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan bahwa program ini akan mencakup 18,8 juta keluarga dan didanai oleh alokasi tambahan dari Kementerian Keuangan, mencapai Rp7,52 triliun. Tujuan utama dari program ini adalah memberikan dukungan finansial yang substansial kepada keluarga yang terdampak bencana kekeringan.

Untuk memastikan distribusi bantuan yang efisien dan cepat, pemerintah telah memilih PT Pos Indonesia sebagai kanal distribusi utama, mempertimbangkan kemampuan PT Pos dalam menjangkau area yang luas dan kecepatan penyaluran yang diharapkan.

Detail Program BLT El Nino 2023:

Bantuan: Rp 400.000 untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Total penerima: 18,8 juta KPM.

Periode bantuan: November dan Desember 2023.

Penyaluran: Dilakukan dalam satu transfer tunggal oleh Kementerian Sosial.

Penerima BLT El Nino dipilih berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Masyarakat dapat memeriksa status penerimaan melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi “Cek Bansos”.

Cara Memeriksa Penerima BLT El Nino Melalui HP:

Melalui Laman Kemensos

Akses cekbansos.kemensos.go.id.

Pilih nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.

Ketikkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan KTP.

Masukkan empat huruf kode yang ditampilkan pada kolom.

Klik “CARI DATA” dan tunggu hingga status penerima BLT atau bantuan lainnya muncul.

Anda termasuk dalam penerima BLT jika kolom BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako menunjukkan status “Ya”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan