Contoh Soal SKTT PPPK Kemenag 2023 Moderasi Beragama

JABAR EKSPRES – Berikut kisi-kisi materi SKTT PPPK Kemenag 2023 lengkap dengan contoh soal untuk latihan tes moderasi beragama dan kunci jawabannya.

Dikutip dari laman Kemenag, Nurudin, Kepala Biro Kepegawaian Setjen, menekankan kewajiban bagi peserta untuk mematuhi seluruh aturan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan (SKTT) Calon PPPK Kemenag 2023.

Ditegaskan juga bahwa kesalahan dalam membaca dan memahami pengumuman merupakan tanggung jawab penuh peserta.

Menurut penjelasan Nurudin, SKTT CPPPK berbentuk tes moderasi beragama yang menggunakan Sistem CAT (Computer Assisted Test).

Peserta diwajibkan hadir 60 menit sebelum sesi seleksi dimulai untuk proses registrasi dan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan.

Kisi-Kisi SKTT PPPK Kemenag

Materi SKTT ini didasarkan pada Surat Menpan-RB Nomor B/2328/M.SM.01.00/2023, tanggal 22 September 2023.

SKTT melibatkan Tes Moderasi Beragama dengan menggunakan Sistem CAT dan mencakup aspek komitmen kebangsaan, toleransi, penolakan terhadap kekerasan, serta penerimaan terhadap tradisi.

Berikut penjelasan masing-masing materi SKTT PPPK 2023:

1. Komitmen Kebangsaan

Penerimaan terhadap prinsip-prinsip berbangsa yang tertuang dalam konstitusi UUD 1945 dan regulasi di bawahnya.

BACA JUGA: Link Daftar Peserta SKTT PPPK Kemenag 2023, Cek Lengkapnya

2. Toleransi

Menghormati perbedaan dan memberi ruang orang lain untuk keyakinan, mengekspresikan keyakinannya, dan menyampaikan pendapat. Menghargai kesetaraan dan sedia bekerja sama.

3. Anti kekerasan

Menolak tindakan seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara kekerasan, baik secara fisik maupun verbal dalam mengusung perubahan yang diinginkan.

4. Penerimaan terhadap Tradisi

Ramah dalam penerimaan tradisi dan budaya lokal dalam perilaku keagamaannya, sejauh tidak bertentangan dengan pokok ajaran agama.

Contoh Soal SKTT PPPK Kemenag

Dilansir dari akun TikTok Lili Hernawati berikut beberapa contoh soal SKTT Kemenag:

1. Seseorang tokoh masyarakat menghasut para warga untuk membenci tetangganya. Hal tersebut bermula saat tetangganya memetik buah mangganya yang kebetulan sampai di halaman rumah si tetangga. Berdasarkan informasi tersebut, jika kita menggunakan “Rabat Plan of Action” untuk membahas kejadian ini, maka ambang rangsangan berikut ini bisa dijadikan pertimbangan kecuali…

a. Pengujar

b. Batasan ujaran

c. Isi dan bentuk

d. Konteks

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan