Persit Kartika Chandra Kirana Tanam 5.200 Pohon guna Cegah Erosi

JABAR EKSPRES – Dalam rangka menciptakan lingkungan asri dan meminimalisir terjadinya erosi pada tanah. Sebanyak 5.200 pohon ditanam untuk seluruh wilayah Kodam III Siliwangi oleh Persit Kartika Chandra Kirana. Penanaman pohon di Kp. Pojok Baru RT 1 RW 10, Cirendeu Kelurahan Leuwigajah, Cimahi Selatan, Jumat (8/12).

Wakil ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD,III / Siliwangi, Ajeng Agus Saeful mengatakan penanaman pohon tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali lingkungan agar terhindar dari erosi di musim penghujan yang dapat berpotensi bencana.

“Dalam rangka menjaga lingkungan, supaya tidak terjadi erosi tidak terjadi longsor. Karena sekarang musim banjir bandang, erosi, dan lahan yang gundul kami berusaha menghijaukan kembali lingkungan,” ucapnya pada awak media.

BACA JUGA: Upaya Penanggulangan Banjir Melong, Pemkot Cimahi Perlu Kerjasama dengan Pemprov

Penanaman pohon yang dilakukan di seluruh wilayah Kodam III Siliwangi, dengan harapan dapat menjadi manfaat bagi lingkungan dan bagi masyarakat.

“Dengan menanam pohon ini pasti tidak kita nikmati sekarang, tapi dua atau tiga tahun mendatang anak cucu kita dapat menikmatinya,” ujar Ajeng.

“Semua wilayah Kodam 3 Siliwangi, dari Serang sampai Cirebon, dari Garut sampai wilayah Purwakarta, semuanya serentak ditanam pohon,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Danramil 0908/Cimahi Tengah, Mayor Armed Momon Sudirman, mengatakan sebanyak 200 pohon siap ditanam di wilayah Cirendeu dengan berbagai jenis pohon.

“Di Cirendeu kami siapkan 200 pohon, untuk pohon-pohon ini jenisnya ada mangga, alpukat, durian, dan montoya,” ucapnya.

Danramil menerangkan, awalnya penanaman pohon akan dilaksanakan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Namun, karena pemilihan wilayah yang terbilang landai, maka Cirendeu Kota Cimahi terpilih menjadi tempat sasaran.

BACA JUGA: Potensi Kebakaran di Musim Hujan, Damkar Kota Cimahi Imbau dengan Cara Ini

“Sebetulnya sasarannya di Padalarang, hanya ada perintah terakhir dialihkan ke Cimahi. Kebetulan mencari wilayah yang agak landai jadi kita lakukan di Kp. Pojok Baru RT 1 RW 10, Cirendeu Kelurahan Leuwigajah,” jelasnya.

Kedepannya, perawatan pohon tersebut akan berkolaborasi dengan masyarakat sekitar. Guna dapat memanfaatkan dan memelihara pohon-pohon tersebut nantinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan