Kondisi Taman Kota Bandung di Tengah Puncak Musim Hujan

JABAR EKSPRES – Beberapa hari terakhir, Kota Bandung terus diguyur hujan dengan intensitas lebat. Hal ini kemudian menyebabkan luapan di beberapa sungai, yang kemudian menyebabkan genangan di berbagai titik.

Dengan banyaknya sungai yang bersinggungan langsung dengan taman-taman kota, Jabar Ekspres coba menelusuri kondisi taman-taman yang dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Kandaga Puspa yang terletak di jalan Citarum, merupakan salah satu taman yang di kelola langsung oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung. Sejak diguyur hujan dengan intensitas tinggi, tak ada genangan sedikitpun yang terjadi.

Petugas Pemeliharaan Taman Kandaga Puspa, Teguh menuturkan, adanya kolam retensi ditengah taman efektif menampung air ketika arus tinggi.

BACA JUGA: Rutilahu Tidak Akan Menurunkan Angka Kemiskinan Kota Bandung

“Karena selain sungai, ada juga kolam retensi. Jadi ini yang ditengah seperti kola penampungan. Jika ada kirimin air dari Dago, ini bakal penuh,” kata Teguh, Jumat, 8 Desember 2023.

Ia menyebutkan, ketika Bandung diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Keberadaan kolam retensi yang berada di taman mampu berjalan secara optimal. Hal itu berdampak pada Kandaga Puspa yang tak pernah tergenang.

“Pas kemarin-kemarin hujan ini (kolam) penuh. Untung aja gak sampai meluap,” ujarnya.

Di titik tertentu yang memiliki kedalaman cukup dangkal, sempat tergenanghampir semata kaki. Namun, banjir bukan berada pada taman, melainkan terjadi di bahu jalan.

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Harus Bayar Rp116 Miliar Jika Ingin Pertahankan Pasar Panorama

“Kalau sungai pernah terjadi, di area bawah jembatan. Hal itu karena irigasinya hanya satu meter, jadi sempat terhambat,” ungkapnya.

Disisi lain, sistem drainase yang baik berada di Taman Maluku Kota Bandung. Salah satu pengunjung, Mahyadi (32) menyebutkan, hampir tak pernah terjadi genangan ditengah hujan yang kerap menerjang Kota Bandung.

“Suka istrahat disini, kebetulan pulang pergi suka lewat (Taman Maluku). Mungkin karena diurus yah, terus ditengah kan ada kolam lumayan gede, jadi kalau saya lewat sini jarang ada genangan,” katanya kepada Jabar Ekspres.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan