Keren! Bupati Bogor Iwan Setiawan Terima Penghargaan Meritokrasi dengan Predikat Sangat Baik dari KASN

JABAR EKSPRES, BOGOR– Bupati Bogor Iwan Setiawan kembali menerima penghargaan meritokrasi dalam Anugerah Meritokrasi KASN 2023.

 

Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan predikat “Sangat Baik”.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua KASN Agus Pramusinto kepada Iwan Setiawan saat Anugerah Meritokrasi KASN 2023 di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, Kamis (7/12) kemarin.

Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, pada 2022 lalu, dirinya juga menerima penghargaan serupa dengan predikat “Baik”. Ia pun bersyukur tahun ini capaian tersebut meningkat dengan predikat “Sangat Baik”.

 

“Alhamdulillah hari ini menerima penghargaan dari KASN dalam Anugerah Meritokrasi KASN 2023 dengan predikat ‘Sangat Baik’. Di 2022 lalu, kita juga mendapat penghargaan serupa dengan predikat Baik. Artinya ada peningkatan di tahun ini dalam penerapan Sistem Merit pada manajemen ASN di Kabupaten Bogor,” ujar Iwan Setiawan.

 

Meritokrasi merupakan sistem yang menekankan kelayakan seseorang dalam mengisi jabatan tertentu berdasarkan kompetensi. Ia berharap ke depannya sistem yang diterapkan semakin baik lagi.

 

Dalam kesempatan itu, Iwan Setiawan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas ikhtiar jajaran Pemkab Bogor dalam membangun Sistem Merit yang terukur dan terencana.

 

“Saya berharap capaian ini semakin memicu kita untuk terus memberikan yang terbaik. Karena penggunaan sistem merit yang maksimal juga akan berdampak pada produktivitas kinerja ASN,” harapnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Rusliandy menjelaskan, ada delapan aspek yang dinilai dalam Sistem Merit, yakni perencanaan kebutuhan pegawai, pengadaan, pembinaan karir dan peningkatan kompetensi, mutasi, rotasi dan promosi, pengelolaan kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan serta sistem pendukung.

 

Dari penilaian tersebut, Kabupaten Bogor mendapat angka 326 dengan predikat “Sangat Baik”.

 

“Kita melakukan penilaian mandiri terlebih dulu lewat indeks Sistem Merit, itu sudah dari dua tahun lalu. Alhamdulillah tahun ini nilainya meningkat dan kita mendapat katagori Sangat Baik,” jelasnya.

 

Menurutnya, ada tiga aspek penting dalam Sistem Merit, yakni kinerja, prestasi, dan kualifikasi kompetensi. Dengan capaian ini, Pemkab Bogor dianggap melaksanakan manajemen ASN menuju berkualitas karena kategorinya ‘Sangat Baik’.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan