Google Rilis Gemini AI, Siap Saingi ChatGPT? Ini Keunggulannya

 JABAR EKSPRES- Google rilis gemini AI. Google secara resmi meluncurkan model kecerdasan buatan (AI) bernama Gemini yang diumumkan sebagai pesaing ChatGPT dari OpenAI. Gemini merupakan model bahasa terbaru dari Google yang pertama kali diperkenalkan oleh Sundar Pichai dalam konferensi pengembang I/O pada bulan Juni.

Menurut Pichai dan Demis Hassabis, CEO Google DeepMind, Gemini dianggap sebagai terobosan signifikan dalam bidang kecerdasan buatan dan diharapkan akan berdampak besar pada hampir semua produk Google.

BACA JUGA: 5 HP Vivo Terbaik Harga Rp3 Jutaan dengan Kamera Canggih di Akhir 2023

Perusahaan teknologi tersebut, berbasis di Mountain View, Amerika Serikat, mengumumkan kehadiran Gemini dalam acara tahunan Google I/O 2023 pada bulan Mei lalu. Gemini hadir dalam tiga varian, yaitu Gemini Ultra sebagai versi paling canggih, Gemini Pro sebagai versi menengah, dan Gemini Nano sebagai versi yang lebih efisien. Google menempatkan Gemini sebagai pesaing dari Large Language Model (LLM) GPT buatan OpenAI, yang digunakan dalam pembuatan chatbot AI ChatGPT. Google mengklaim bahwa Gemini memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan kualitas yang lebih baik dibandingkan ChatGPT. Varian Gemini Ultra dianggap sebagai pesaing langsung dari GPT-4, model bahasa besar tercanggih dari OpenAI yang dapat diakses melalui langganan berbayar ChatGPT Plus. Sementara itu, Gemini Pro dihadirkan sebagai pesaing langsung dari GPT-3.5 yang menjadi basis dari ChatGPT versi gratis.

Setelah melalui serangkaian pengujian, CEO Google, Sundar Pichai, memberikan testimoni bahwa usai Google rilis Gemini AI membawa peningkatan signifikan untuk chatbot Bard. “Google Bard kini dapat memahami maksud pengguna dengan lebih baik dan memberikan jawaban yang lebih baik. Ini lebih faktual dan berkualitas. Jika Anda mencoba membuat kode, jawaban dari Bard menjadi lebih baik!” tambah Pichai. Pada tahap awal, Gemini Pro diterapkan pada chatbot berbasis kecerdasan buatan buatan Google, Bard. Saat ini, pengguna berbahasa Inggris di 170 negara dapat menikmati fitur Bard yang didukung oleh Gemini Pro. Google berencana untuk memperluas ketersediaan Gemini ke lebih banyak bahasa dan negara dalam waktu dekat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan