Disbudparpora Tingkatkan Pariwisata dan UMKM Melalui Festival Kuliner Cimahi 2023

JABAR EKSPRES – Meningkatkan perkembangan destinasi kuliner di Kota Cimahi, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) memfasilitasi UMKM dalam Festival Kuliner Cimahi 2023.

Saat ditemui Jabar Ekspres di Pemkot Cimahi pada, Jumat, 8 Desember 2023, Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Cimahi Nina Jullita, mengatakan tujuan festival ini untuk memperkenalkan kuliner UMKM.

“Kami ingin mengembangkan pariwisata, kebetulan destinasi alam tidak ada di Cimahi. Kami ingin mengembangkan destinasi dari kuliner nya,” ucapnya.

Nina menerangkan, kuliner yang ada di Kota Cimahi sudah banyak di kenal luas oleh masyarakat di Jawa Barat. Dalam festival ini, Ia berharap kuliner Cimahi yang beragam dapat lebih banyak dikenal.

BACA JUGA: Perjalanan Sukses Kue Balok Sangkuriang: Kisah Inspiratif UMKM Cimahi yang Merambah ke Luar Jawa

“Kalau di Cimahi ini kulinernya itu sebetulnya sudah dikenal se-Jawa Barat. Dari hal itu kami ingin memperlihatkan kuliner di Cimahi ini bisa meningkatkan destinasi wisatanya lewat kuliner,” terangnya.

Sebanyak 20 stand makanan turut memeriahkan selasar Pemkot Cimahi. Kebanyakan dari mereka menjual produk kuliner khas UMKM masing-masing.

“Semuanya 20 stand yang kami fasilitasi. Namun, banyak juga yang datang pada kami untuk startup dengan mencoba apakah produk mereka itu bisa diterima oleh masyarakat,” jelas Nina.

Menurutnya, UMKM yang hadir di festival tersebut rata-rata yang masih belum memiliki legalitas. Sehingga, pihaknya memfasilitasi mereka agar dapat memperkenalkan produknya pada masyarakat.

“Kalau kami lihat dari legalitasnya mereka belum punya. Baik itu Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Tapi dari acara ini, mereka berharap dapat diterima oleh masyarakat Cimahi dan bersemangat agar legalitasnya diproses,” jelas Nina.

BACA JUGA: Upaya Penanggulangan Banjir Melong, Pemkot Cimahi Perlu Kerjasama dengan Pemprov

Selain terdapat beragam kuliner dari UMKM asal Cimahi, event tersebut pun di isi oleh beberapa hiburan dari Cimahi yang di naungi oleh Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC).

“Hiburan musik semua dari DKKC, karena kami kerja sama dengan Dewan Kebudayaan Kota Cimahi. Mereka menaungi seniman, budayawan, atau musisi,” ucap Nina.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan