Kapolres Banjar Ngeluh Karena Dana Pemilu Minim, Emang Berapa Sih?!

JABAR EKSPRES – Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo mengeluh soal dukungan dana untuk pengamanan Pemilu 2024. Menurut dia, porsi anggaran yang didapat kepolisian kali ini tidak sebesar pemilu yang diselenggarakan lima tahun yang lalu.

Dilansir dari kanal Youtube Humas Kota Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo menyampaikan keluhan tersebut dalam acara pisah sambut Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar pada Selasa, 5 Desember 2023.

“Sudah dibisik-bisik oleh Ketua DPRD, mudah-mudahan ada peningkatan untuk dana keamanan. Kemarin kita sudah bisik-bisik sama Ketua DPRD Banjar, anggaran keamanan khususnya, untuk Pemilu 2024 untuk Polres Banjar, besarannya kali ini tidak seperti pemilu 5 tahun yang lalu,” kata AKBP Bayu Catur Prabowo.

BACA JUGA: TEGAS! Panwaslu Langensari Pasang Imbauan Larangan Kampanye di Tempat Ibadah

Menurutnya, dengan plafon dana Pemilu 2024 yang terbatas ini, pihaknya hanya bisa menurunkan sekitar 8 personel setiap kecamatan untuk pengamanan pemilu.

“Dana hanya cukup untuk 60 personel. Sangat jauh sekali. Dari 60 personel ini, dikurangi 25 personel untuk komando dan pengendalian. Jadi, sisa 35 personel untuk di 4 kecamatan. Sehingga satu kecamatan hanya 8 personel. Ketika ada kampanye, hanya 8 personel yang bisa mengamankan sesuai anggaran,” bebernya.

Padahal sebelumnya, pada Pemilu lima tahun yang lalu, Polres Banjar bisa menerjunkan hingga 220 personel, atau setengah dari kekuatan Polres Banjar.

“Pada Pemilu sebelumnya, plafon anggarannya jelas. Dalam setiap tahapan sudah ada personelnya, namun tahun itu dananya terbatas,” ucapnya.

BACA JUGA: Indikasi Politik Uang Bermodus Bank Emok Terendus Bawaslu Kabupaten Bandung

Meski demikian, pihaknya optimis keamanan Pemilu di Kota Banjar dapat terjaga. “Kota Banjar merupakan kota yang paling aman. Insha Alloh masyarakat yang guyub, meskipun keterbatasan anggaran, kami masih bisa mengamankan,” katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait besaran dana pengamanan Pemilu 2024 untuk Polres Banjar, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Banjar, Asep Mulyana mengatakan, hibah anggaran Pemilu 2024 untuk Polres Banjar sebesar Rp3.287.790.000.

“Besarannya Rp3,2miliar lebih, tapi proses Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) belum dilaksanakan, sehingga anggarannya juga belum diserap,” kata dia. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan