Terus Tekan Angka Inflasi, Pemkot Cimahi dan Bank Indonesia Serahkan 5.000 Bibit Cabai

JABAR EKSPRES – Penyerahan 5.000 bibit cabai pada petani di wilayah Kelurahan Citeureup, Cimahi Utara pada, Selasa, 5 Desember 2023, oleh Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi dan pihak Bank Indonesia yang bekerja sama untuk menekankan angka inflasi di Kota Cimahi.

Tujuannya adalah, untuk penekanan angka inflasi. Menjelang akhir tahun 2023. Upaya tersebut dilakukan agar harga komoditi, terutama cabai di Kota Cimahi berangsur normal.

Dicky Saromi mengatakan dalam sambutannya, gerakan bantuan pangan merupakan salah satu langkah sistemik atau struktural.

“Sistemik atau struktural ini adalah bagaimana kita menanam atau menyediakan kebutuhan secara mandiri, karena Kota Cimahi bukan daerah penghasil. Kalau ada lahan produktif apa salahnya untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ucap Dicky dalam sambutannya.

BACA JUGA: Cabai jadi Penyumbang Inflasi Tertinggi di Jabar

Salah satu komoditi seperti cabai adalah sesuatu yang bisa disediakan secara mandiri. Penyerahan bibit cabai ini, merupakan awal mula untuk menyediakan komoditi secara mandiri pada para petani di Cimahi.

“Kami juga telah mengadakan kerja sama dengan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung, kita akan bekerja sama dengan beberapa pihak lain agar ketersediaan suplai dapat memenuhi permintaan yang ada,” jelasnya.

Dampak El Nino dan cuaca yang tidak menentu , pihak pemerintah terus berupaya dalam menekan angka inflasi terutama dalam kenaikan harga komoditi di pasar

“Semoga di panen nanti kita dapat berbahagia dan dapat memanfaatkan penanaman bibit cabai dalam rangka penanggulangan inflasi di Kota Cimahi,” jelas Dicky.

Saat ditemui awak media, saat penanaman bibit cabai di kebun petani setempat, Dicky mengatakan bantuan sebanyak 5000 bibit cabai dari Bank Indonesia diharapkan dapat dirawat oleh para petani.

“Kami harapkan dapat dirawat oleh para petani yang sudah kami tunjuk dan percayakan. InsyaAllah 3 bulan lagi kami akan datang kembali untuk panennya,” jelasnya.

BACA JUGA: Sempat Distop, Kabupaten Bandung Diizinkan Lagi Kirim Sampah ke TPAS Sarimukti

Beberapa lahan pertanian sudah direncanakan untuk penanaman bibit cabai dan tanaman lainnya. Selain itu, Dicky mengerahkan untuk menanamkan dengan metode urban farming.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan