Longsor di Cibubuay Sukabumi Terjang Rumah Warga, Begini Kondisinya

Jabar Ekspres – Bencana tanah longsor menimpa sebuah rumah di Kampung Cibubuay RT02/RW01 Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi pada Selasa (4/12/2022) dini hari.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kasi Humas Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa, peristiwa tersebut bermula dari suami korban yakni Asep, yang mendengar suara gemuruh tanah sebelum longsoran tersebut menimpa kediaman mereka.

BACA JUGA: Potensi Longsor Tinggi di Sukabumi, 47 Kecamatan Masuk Daerah Rawan

“Suami korban pada pagi dini hari, Ia mendengar suara gemuruh tepatnya di dinding rumah yang dekat tebing, kemudian tanah masuk ke dalam kamar dan menimpa istri serta anaknya yang sedang tertidur,” ujarnya seperti keterangan yang dikutip Jabar Ekspres pada Selasa (5/12/2023).

Masih kata Aah, suami korban setelah mengetahui kediaman serta keluarnya tertimbun tanah longsor, Ia lantas mencari bantuan untuk menyelamatkan mereka.

“Kemudian Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Darmareja, Koramil beserta unsur terkait beserta masyarakat mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi pertolongan-nya terhadap korban,” tuturnya.

Lanjut Aah, peristiwa tersebut dipicu curah hujan yang tinggi kemudian mengakibatkan satu rumah milik warga jebol pada bagian dinding. Beruntung isteri Asep berserta anaknya selamat setelah dilakukan evakuasi.

“Tiga orang selamat dalam peristiwa bencana alam tanah longsor yaitu Ibu Susan(23), MS(8) dan MG (4), ketika korban diketahui tertimpa longsoran tanah pada saat terjadinya longsor,” jelasnya.

BACA JUGA: Hujan Deras Picu Longsor di 4 Kecamatan Sukabumi, Renggut Nyawa 1 Warga

“Saat ini korban selamat karena menderita luka dan trauma maka dirujuk ke RS Sekarwangi Cibadak,” ujarnya.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede telah meminta jajarannya untuk selalu waspada dalam menghadapi perubahan cuaca yang cukup ekstrem dan menghimbau masyarakat agar berhati-hati terutama pada daerah yang rawan terjadinya bencana alam.

Untuk informasi tambahan Kejadian longsor tersebut terjadi sekira pukul 03.00 WIB, sedangkan proses evakuasi dan pembersihan selesai jam 08.30 WIB. (mg9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan