Kinerja Pemkot Bandung dalam Tanggulangi Sampah Disemprot Pegiat Lingkungan

“Pada akhirnya kan apalagi ember bisa dijadikan tempat cuciann kotor, tempat penampungan air, dan lain-lain,” bebernya.

Disisi lain terkait Gibrik Mini, diketahui alat tersebut berasal dari salah satu vendor yang menyediakan mesin pengolahan sampah. Rencananya, banyak Gibrik Mini yang bakal ditempat di TPST Gedebage yang kini sudah berjalan.

BACA JUGA: Apa yang Membuat Pemkot Bandung Yakin Masa Darurat Sampah Selesai di Akhir 2023?

“Mesin gibrik mini akan lebih banyak di Gedebage. Sejauh ini, data dari orang-orang yang bekerja menjalankan mesin tersebut, mesin itu didapat dari suatu vendor yang apabila ada kerusakan tidak ada yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Dedi menilai, Pemkot Bandung tidak mempunyai rencana yang benar dalam mengatasi masalah kedaruratan sampah. Hal itu terlihat dari program-program yang diusung oleh pemerintah, namun tak berefek secara signifikan.

“Persoalan masalah darurat sampah pada akhirnya hanya dijadikan untuk mendapatkan anggaran darurat sampah, karena tu tidak didesain secara benar lewat rencana pengelolaan kedepan,” ungkapnya.

BACA JUGA: WALHI Jabar Minta Pemerintah Kaji Ulang Dokumen Perizinan TPPAS Legok Nangka

“Malah dijadikan pembangunan sarana prasana yang tidak ada gunanya dan cenderung menjadi kebiasaan dan gak ada pengimplemntasian untuk kedepannya,” imbuhnya.

Program ini hanya bakal menimbulkan kesadaran masyarakat. Namun terkait penyelesain program penanggulangan sampah, Pemkot Bandung belum bisa melakukan penyelasaian.

“Karena tidak mempunyai rancangan pekerjaan signifikan sesuai dengan masterplan pekerjaan. Jadinya gini, uangnya sudah habis. Kedepan, mudah-mudahan masyarakat mengerti, dan sampah bisa berkurang, jadinya kan berandai-andai,” tuturnya.

Dirinya berharap, Pemkot Bandung bisa merumuskan masterplan dalam menanggulangi masa kedaruratan sampah di waktu yang akan datang.

“Harapan kami pemkot bisa membuat masterplane untuk mengatasi permasalahan kedaruratan sampah,” pungkasnya. (Dam)

BACA JUGA: TPPAS Legok Nangka Belum Jelas, Pemprov Jabar Terkesan Tak Punya Upaya Atasi Sampah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan