Disdik KBB Dorong Peran Guru Optimalkan Kualitas Pendidikan

JABAR EKSPRES – Indonesia diprediksi bisa menjadi negara maju berperingkat kelima pada 2030 jika memiliki SDM yang unggul dan tentu ditunjang melalui pendidikan yang berkualitas.

Namun untuk mewujudkan hal itu, pemerintah daerah pun harus mendorong peran guru berkualitas melalui inivasi dan kreatifitas. Sehingga nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia unggul yang menjadi kunci kemajuan bangsa.

Di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sendiri, terutama Dinas Pendidikan, saat ini tengah menggenjot peranan guru yang berkualitas melalui berbagai program. Salah satunya dengan mendorong para guru memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar.

Baca juga: Disdik KBB Optimalkan Perbaikan Sekolah yang Rusak

“Selain memudahkan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, platform merdeka mengajar juga dapat digunakan sebagai media pengembangan diri secara mandiri,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Asep Dendih kepada wartawan Jabarekspres.com.

Ia mengatakan, menuju Indonesia maju 2045, peranan guru sangat penting. Namun demikian, untuk mewujudkan hal itu pemerintah daerah harus mendukung peran guru yang ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Menurutnya, ini akan tercapai jika kerja keras dan kualitas guru di Indonesia termasuk di Kabupaten Bandung Barat ditingkatkan. Dimana menurutnya, guru harus menjadi sumber semangat bagi muridnya.

“Situasi itu menuntut kita agar segera berbenah diri dan sekaligus menyusun langkah nyata untuk mewujudkan guru yang cemerlang tidak hanya pintar secara kompetensi keilmuan tetapi punya karakter, jujur dan bertanggungjawab,” jelasnya.

Inovasi dan kreativitas, menurutnya menjadi dasar untuk mewujudkan Indonesia maju dan unggul. Selain itu, para guru pun ditugaskan agar mampu memberikan semangat dan dorongan kepada murid untuk bisa meningkatkan inovasi dan kreatifitas. Sebab pada dasarnya para guru merupakan teladan bagi muridnya.

Selain itu, para guru juga dituntut terus membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Sehingga SDM tersebut siap kerja dan berusaha sesuai kebutuhan pasar dan dunia usaha dunia industri. Karena itu, pengembangan bagi para siswa sangat penting.

“Kita terus berupaya menekan para guru untuk membuat terobosan. Terutama di era industri 4.0, yang dibutuhkan adalah skil. Ini sangat penting. Terlebih kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan internal,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan