Kemensos Peringati Hari Disabilitas Internasional di Pali

JABAREKSPRES – Penukal Abab Lematang Ilir 2 Desember 2023 – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui Sentra Abiyoso Cimahi gelar berbagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023, salah satunya adalah Operasi Bibir Sumbing.

Terpilihnya Kabupaten Pali sebagai tempat pelaksanaan HDI tahun 2023 ini karena Kabupaten Pali merupakan salah satu Wilayah Kerja Sentra Abiyoso Cimahi.

“Alhamdulillah, respon yang bagus dari Pemkab Pali, sehingga kami memilih untuk menggelar peringatan HDI disini. Selain itu juga fasilitas Rumah Sakit juga sudah lengkap dan sudah memenuhi standar,” tutur Kepala Sentra Abiyoso Cimahi, Agung Hendrawan.

Bertempat di RSUD Talang Ubi Kabupaten Pali, Kementerian Sosial Sentra Abiyoso bekerja sama  dengan Pemerintah Kabupaten Pali, Yayasan Smile Train dan Yayasan Umi Romlah. terdapat 9 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang mendapatkan pelayanan Operasi Bibir Sumbing pada kegiatan ini.

“Rangkaian dimulai hari ini, dilaksanakan operasi bibir sumbing, operasi katarak di tiga kabupaten (Kab. Pali, Kab. Muara Enim dan Kab. Lahat) target sebanyak-banyaknya,” kata Agung.

“Sementara untuk data jumlah warga yang bakal menjalani operasi katarak, yang lolos screening sebanyak 29 orang. Kemudian selain kegiatan itu, dilakukan juga pembebasan pasung, karena kita punya program Indonesia bebas pasung, jumlahnya di Pali satu orang,” terang Agung.

Pada tanggal 5 Desember nanti, sebagai puncak peringatan HDI, akan digelar juga berbagai kegiatan, seperti cek kesehatan, donor darah dan Penyerahan bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi).

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar. Tadi ada sembilan warga yang melaksanakan operasi bibir sumbing. Selain mengikuti operasi bibir sumbing secara gratis, warga juga mendapat bantuan dari pemerintah, baik berupa akomodasi dan transportasi,” papar Heri Amalindo Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

“Sebenarnya untuk operasi katarak, ada lebih kurang 100 warga. Tapi yang lolos screening baru 29 orang. Kemungkinan bisa nambah lagi. Untuk pelaksanaan operasi bibir sumbing dan operasi berlangsung dua hari ke depan. Tapi fleksibel berdasarkan pelaksanaan operasi dari dokter yang sudah datang,” tutur Direktur RSUD Talang Ubi, dr. Hj. Tri Fitrianti. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan