Kendala yang Sering Ditemui pada Footstep Sepeda Motor

JABAR EKSPRESFootstep adalah tempat pijakan kaki penumpang yang duduk di belakang sepeda motor. Komponen tersebut terdapat pada semua jenis sepeda motor. Tapi, untuk jenis motor bebek dan sport, Footstep merupakan tempat pijakan kaki bagi pengemudi di bagian depan.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, Komponen memiliki banyak ragam dan jenisnya menyesuaikan gaya dan model pada setiap sepeda motor. Untuk jenisnya, footstep ada yang bisa dilipat sehingga bisa lebih praktis dan compact ada juga yang model fixed atau tidak bisa dilipat yang biasanya ditemui pada varian sepeda motor bebek.

“Pada umumnya footstep terbuat dari material besi yang dibungkus karet dengan grip untuk menghindari licin dan getaran, ada juga yang terbuat dari bahan alumunium yang memiliki keunggulan lebih ringan dan terlihat lebih mewah dan modern,” ujar Ade.

BACA JUGA: Fungsi Jalu Stang di Sepeda Motor

Sama seperti komponen lainnya, footstep juga harus selalu mendapat perawatan secara rutin. Karena faktor kondisi cuaca atau usia pakai, footstep juga sering mengalami kendala, diantaranya :

1. Footstep Longgar

Ditandai dengan sering terbuka sendiri ketika tidak digunakan, ditandai juga dengan suara berisik ketika digunakan berkendara. Footstep longgar diakibatkan karena komponen pada bagian as atau batang engsel footstep mengalami aus atau mengalami kerusakan. Dalam kondisi darurat bisa menggunakan ring untuk mengganjal bagian tersebut agar footstep bisa diam pada posisi seharusnya.

BACA JUGA: Kenali Lokasi Jalanan Yang Licin dan Berpotensi Bahaya

2. Footstep Seret

Kebalikan dari footstep longgar adalah footstep seret dan mengalami kesulitan ketika dibuka atau dilipat. Kondisi tersebut disebabkan karat atau kotoran yang menghambat pergerakan as atau batang engsel pada footstep. Solusinya pun mudah, cukup dibersihkan menggunakan cairan pembersih karat, cuci sampai bersih dan selanjutnya beri cairan pelumas atau penetran agar engsel pada footstep kembali bekerja normal.

3. Footstep Lepas

Kendala footstep terlepas sebenarnya sangat jarang terjadi, biasanya karena faktor kesalahan pemasangan yang tidak tepat, atau bisa juga karena kondisi footstep yang mengalami kerusakan juga karena lepasnya konektor pengunci batang pada baut engsel footstep.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan