Dinas Pendidikan Kota Cimahi Tingkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Intensif

JABAR EKSPRES – Dinas Pendidikan Kota Cimahi terus meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan intensif bagi tenaga pendidik. Kolaborasi dengan beberapa pihak terkait, bertujuan untuk meningkatkan kualitas, motivasi, dan memberikan apresiasi pada guru di Kota Cimahi.

Langkah konkret yang dilakukan oleh Disdik Cimahi untuk memajukan kualitas pendidikan, didasari dengan melatih para tenaga pendidik.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan, Henitishae mengatakan pelatihan semacam guru penggerak merupakan salah satu bentuk upaya dalam memajukan kualitas pendidikan khususnya pada para guru.

“Jadi kita ada yang namanya guru penggerak, itu salah satu program yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengajar,” ucapnya pada Jabar Ekspres di Gedung Pemkot Cimahi, Senin (27/11).

Heni menjelaskan, ada tolak ukur guru berprestasi adalah capaian yang diperoleh dari muridnya. Artinya, prestasi yang diraih oleh siswa tak lepas peran guru dalam mendidik.

“Tolak ukur prestasi guru itu diantaranya capaian yang diperoleh siswa, karena tak lepas dari peran guru dibalik prestasi siswa itu,” terangnya.

Kolaborasi dengan beberapa pihak terkait dilakukan, Heni menerangkan salah satu peningkatan kualitas pengajar adalah Bimtek (Bimbingan Teknis).

“Agar lebih aware dalam cara mengajar, mata pelajaran yang diajarkan, ada pun muatan-muatan yang dimana cara penyampaian materi dan cara mengajar di kurikulum merdeka saat ini. Jadi disesuaikan dengan kondisi serta situasi saat ini,” jelas Heni.

Program guru penggerak merupakan bentuk pelatihan yang langsung oleh Kementerian Pendidikan untuk melatih tenaga pendidik, serta melatih penguatan kapasitas guru.

“Latihan khusus berkaitan dengan merdeka belajar, ada guru penggerak yang dilatih semua oleh Kementerian. Kita juga ada kerja sama dengan Tan Oto Fondation, yang dimana mereka memberikan penguatan kapasitas guru,” ujar Heni.

Standar nasional yang harus di capai oleh setiap tenaga pendidik, melalui Dinas Pendidikan Kota Cimahi para guru terus dilatih agar dapat meningkatkan kualitas dalam mendidik murid.

“Bimtek itu penguatan kapasitas, seperti cara mengajar atau menyusun mata pelajaran. Itu kan standar nasional yang harus kita capai agar para guru dapat lebih berkualitas dalam mengajar,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan