Viral Balon Gas Meledak, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah untuk Mencari Penyebabnya

JABAR EKSPRES – Tepat pada peringatan hari guru 25 November lalu, ada kejadian tragis di Bekasi, yakni saat balon gas yang akan dilepaskan ke udara meledak, dan membuat beberapa orang guru mengalami luka bakar.

Balon gas yang awalnya tampak indah dengan berbagai macam warna yang menarik ini, sengaja akan dilepaskan keudara sebagai bentuk perayaan memperingati hari guru.

Dari video yang beredar di media sosial, tampak ada belasan orang guru yang memeganginya sebelum dilepaskan keudara, balon tersebut diikat dengan sebuah tali.

Baca juga : Detik-detik Balon Gas Meledak Saat Peringatan Hari Guru di Bekasi

Kesalahan yang menimbulkan balon tersebut sampai meledak adalah, karena melepaskan tali tersebut menggunakan korek api, sehingga merangsang panas pada balon hingga terjadi ledakan.

Akibatnya ada beberapa orang guru yang terpapar gas dari balon tersebut hingga mengalami luka bakar diwajah dan tangannya.

Lalu bagaimana penjelasan ilmiah tentang ledakan yang terjadi pada balon yang berisi gas helium tersebut.

Balon yang diisi oleh gas nitrogen biasanya dimaksudkan agar lebih tahan lama dan bisa terbang. Karena jika hanya menggunakan udara dari tiupan manusia atau pompa udara biasa, maka balon akan mudah kempis.

Namun, balon yang disi dengan senyawa gas yang disebut helium sesungguhnya sangat berbahaya, meski tekanannya tidak kuat. Namun diperkirakan,  balon gas yang meledak di acara hari guru bukan berisi helium, namun nitrogen.

Gas yang dipompa ke dalam balon biasanya berupa gas hidrogen  (H2), gas  metana (CH4) , atau gas esitilen (C2H2). Ini semua adalah gas yang mudah meledak jika terkena panas. Proses kejadian tersebut kemungkinan disebabkan adanya rembesan dari gas bertekanan yang keluar melalui dinding balon dan bertemu dengan titik api dari korek api yang digunakan untuk melepaskan tali.

Pasalnya hidrogen merupakan gas yang ringan hingga bisa menerbangkan  balon keudara, tapi akan menimbulkan tekanan yang sangat kuat pada ledakannya, sehingga dapat menyebabkan luka bakar yang serius pada orang yang berada disekitarnya.

Baca juga :Meriahnya Konser IU ‘The Golden Hour’, Naik Balon Udara untuk Dekati Penontonnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan