Pertarungan Sengit di Valencia, Bagnaia vs Martin: Siapa yang Akan Menang?

Jabar Ekspres – Musim 2023 MotoGP akan segera berakhir dengan pertarungan sengit antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Prima Pramac) di Sirkuit Ricardo Tormo Cheste, Valencia, pada 24-26 November.

Bagnaia saat ini memimpin klasemen dengan 437 poin, unggul 21 poin dari Martin. Bagnaia hanya perlu finis di depan Martin di Valencia untuk mempertahankan gelar juara dunianya.

Namun, Martin bukanlah lawan yang mudah. Pembalap Spanyol itu telah meraih enam podium di sirkuiy ini, termasuk dua kemenangan di kelas Moto3. Ia juga memiliki kecepatan yang luar biasa, terbukti dengan delapan pole position yang ia raih musim ini.

BACA JUGA: Bagnaia Akan Tetap Waspada Meski Jarak Poin dengan Martin Melebar

Valencia bukan kali pertama menjadi tuan rumah laga penentuan gelar juara dunia MotoGP. Pada musim 2022, Bagnaia juga memperebutkan titel tersebut dengan keunggulan 23 poin atas Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Bagnaia akan berusaha untuk tampil maksimal di Valencia dan meraih kemenangan yang akan memastikan gelar juara dunianya yang kedua.

Bagnaia memiliki rekam jejak yang cukup baik di sirkuit ini. Ia meraih kemenangan perdana di sirkuit ini pada 2021, dan tahun berikutnya ia finis sebagai juara dunia MotoGP untuk kali pertama.

Sementara itu, Martin juga memiliki kecepatan yang bagus di Valencia. Ia meraih pole position di Valencia pada tahun 2021 dan 2022.

Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo adalah pembalap tersukses di Valencia sepanjang masa, masing-masing dengan empat kemenangan di kelas MotoGP. Marc Marquez menyusul dengan catatan dua kemenangan di MotoGP dan satu di kelas Moto2.

Miguel Oliveira juga memiliki dua kemenangan di Valencia, masing-masing di kelas Moto2 dan Moto3. Casey Stoner juga meraih dua kemenangan, masing-masing di kelas MotoGP dan 125cc.

BACA JUGA: Jorge Martin Ungkap Dirinya Hancur Secara Mental dalam Perebutan Gelar Juara Dunia MotoGP 2023

Bagnaia memiliki keunggulan poin yang cukup besar, tetapi Martin bukanlah lawan yang mudah. Valencia adalah sirkuit yang cocok untuk Martin, dan ia memiliki kecepatan yang luar biasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan