Peran Saka Jabar 2023 jadi Ajang Menambah Ilmu dan Pengalaman Bagi Anggota Pramuka

JABAR EKSPRES – Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako Pramuka SPN) Jawa Barat mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Jawa Barat 2023 di Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang.

Sako Pramuka SPN Jawa Barat merupakan Kelompok Kerja (Pokja) dibawah naungan Biro Pemuda Kepramukaan Olahraga dan Seni Budaya (Biro PKOSB) DPW LDII Prov. Jabar.

Peran Saka yang digelar setiap lima tahun sekali ini diikuti 8.800 peserta se-Jawa Barat. Sako SPN mengirim sebanyak 120 peserta dari penegak dan pandega untuk mengikuti kegiatan tersebut selama lima hari, 17-21 November 2023.

”Perkemahan antar saka ini merupakan suatu kegiatan yang langka karena lima tahun sekali. Ini tentu saja akan jadi kegiatan yang berkesan untuk peserta,” ujar Dicky Harun Mabida Sako SPN Jawa Barat, Kamis (23/11/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai ajang untuk saling bertukar ilmu, bertukar pengalaman, menambah pertemanan dan juga mengenalkan daerahnya kepada daerah lain.

”Kakak juga berpesan karena saat ini cuaca tidak sedang menentu, siang panas dan malam hujan jadi tolong hati-hati, jaga kesehatan sekalipun ini untuk menguji mental dan fisik, kakak berharap semua pulang dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Sementara itu Ramdan Joko Mulyawan Sekretaris Sako Pramuka SPN Jawa Barat mengatakan, pada Peran Saka tahun ini tidak hanya mengajak seluruh Saka tapi juga mengajak Sako (Satuan Komunitas).

”120 peserta perwakilan dari Sakoda Pramuka SPN Jabar terdiri dari 10 Sakocab kota/kabupaten diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Cirebon, Kota Depok Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Ia menambahkan, ilmu dan pengalaman yang didapat dari kegiatan ini bisa menjadi bekal dalam melaksanakan kegiatan sako di Kota dan Kabupaten masing-masing. Hal-hal baru yang diterima di Peran Saka bisa diterapkan kembali di wilayahnya.

”Satuan Komunitas Pramuka sebagai elemen pendukung utama kegiatan di kepramukaan alias dapat menambah ilmu life skill dari para anggotanya,” tutupnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan