Gara-gara Hal Ini Jasad TKW Asal Banjar Dimakamkan di Malaysia 

JABAR EKSPRES – Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar memastikan, jenazah Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kota Banjar Jawa Barat Ida Widaningsih (43) yang ditemukan tewas di kamar messnya akan dimakamkan di Malaysia. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar H. Sunarto, pemakaman Ida di Malaysia sudah atas kesepakatan keluarga.

“Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, bersama Camat Purwaharja dan Kepala Desa Raharja, sudah mengunjungi ke rumah keluarga almarhum di Dusun Randegan II, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Pihak keluarga sudah menyepakati, almarhum dikebumikan di Malaysia,” katanya Kamis, 23 November 2023.

BACA JUGA: TKW Asal Kota Banjar Tewas di Malaysia, Keluarga Histeris Dikirim Foto Jasad Korban Oleh Majikan

Tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan penanganan jenazah korban. Namun, pihak keluarga korban memutuskan untuk menguburkan Ida Widaningsih di Malaysia, dan mereka telah ikhlas menerima keputusan tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Perluasan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar Ninding Kosmana mengatakan pihaknya sudah membantu secara administrasi untuk pemulangan jenazah. Namun berdasarkan informasi, majikan ketiga Almarhum di Malaysia bersedia membantu proses pemakaman di sana.

“Kami sudah berusaha membantu untuk pemulangan jenazah, namun karena pihak keluarga terbentur masalah biaya, akhirnya pihak keluarga memutuskan bahwa Ida akan dikebumikan di Selangor Malaysia. Untuk proses pemakaman ditanggung majikan ketiga almarhum,” ujarnya.

Ninding menambahkan, bahwa ini merupakan langkah kolaboratif antara pihak keluarga untuk memastikan pemakaman berjalan lancar.

Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat, mendapatkan konfirmasi melalui surat medis dari rumah sakit di Malaysia. Menurutnya, hasil visum menyatakan bahwa kematian Ida Widaningsih disebabkan oleh penyakit, bukan faktor lain.

“Ida meninggal karena sakit, dengan demikian ditegaskan bahwa tidak ada unsur kecurigaan dalam meninggalnya korban,” kata Yayat.

BACA JUGA: Cekcok Soal Utang, IRT di Sukabumi Aniaya Penagih Utang Hingga Tewas

Kunjungan dan kerjasama antar instansi serta dukungan dari majikan di Malaysia menjadi langkah-langkah konkret dalam menangani situasi ini.

“Semua pihak terlibat, termasuk Dinas Tenaga Kerja, berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada keluarga almarhum dan memastikan bahwa proses pemakaman berjalan sesuai keinginan dan norma yang berlaku di masyarakat setempat,” ujarnya. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan