Website Pemkot Bandung Diretas, Diskominfo Pastikan Laman Kembali Normal

JABAR EKSPRES  – Unggahan konten partai politik di laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, yakni bandung.go.id diketahui hasil peretasan oknum tidak bertanggungjawab. Namun, kondisi tersebut telah tertangani.

Hal demikian diungkapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung. Pihaknya memastikan bahwa unggahan konten partai politik di situs website bandung.co.id merupakan upaya adanya peretasan.

BACA JUGA: Gebyar Layanan Terpadu UMK 2023 di Bandung, Pemprov Jabar Pikat Ribuan Pelaku Usaha untuk Urus Perizinan

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana mengatakan, tindak lanjut masalah itu, Tim Tanggap Insiden Siber Kota Bandung langsung bergerak cepat. Pihaknya melakukan tindakan penanggulangan dan pemulihan.

Diantaranya seperti memastikan tutup indikasi celah keamanan yang muncul. “Sempat terjadi peretasan di website resmi Pemkot Bandung (bandung.go.id),” ujar Yayan berdasarkan keterangan resmi yang diterima Jabarekspres, Rabu (22/11).

“Kami telah berupaya untuk melakukan tindakan penanggulangan dan pemulihan guna menormalkan kembali layanan dari website resmi Pemkot Bandung,” tambahnya.

Dia menjelaskan, atas kejadian tersebut, ke depannya Diskominfo Kota Bandung berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan ekstra. Termasuk hal ini dilakukan secara berkala guna mengantisipasi terjadinya hal serupa di kemudian hari.

Diketahui, sebelumnya ramai diberitakan situs resmi Pemkot Bandung mengunggah konten yang memuat nama partai politik di Pemilu 2024. Informasi ini juga didapat Humas Kota Bandung hari Selasa 21 November 2023 sekitar pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, Tim Tanggap Insiden Siber (tim  IT dan aplikasi Diskominfo Kota Bandung) akan melakukan proses hardening untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna website bandung.go.id. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan