Pemilu 2024: KPU Kota Bandung Masih Cek Ketersediaan Logistik

JABAR EKSPRES  – Pengiriman barang logistik kebutuhan Pemilu 2024 sudah sampai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung. Namun, pihaknya mengaku pengiriman tahap pertama itu belum lengkap sepenuhnya.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, hingga saat ini masih menunggu salah satu ketersediaan logistik yakni, segel plastik. Logistik itu masih belum diterima pihaknya pada saat pengiriman logistik tahap pertama.

Dirinya merinci, sejauh ini KPU Kota Bandung baru menerima beberapa logistik pemilu seperti kotak suara, tinta, dan bilik suara. “Tahap satu jumlahnya sesuai dengan kebutuhan kita, dan alhamdulillah sudah kita terima,” kata Suharti, Rabu (22/11).

Adapun hingga sekarang, lanjutnya, KPU Kota Bandung masih melakukan pengecekan logistik yang dikirim penyedia. “Kalau ada yang rusak kita akan meminta penggantian kepada penyedia,” lanjut Suharti.

Sementara perihal jumlah kotak suara, Suharti menuturkan, ketersediaan tersebut sudah memenuhi ribuan tempat pemungutan suara (TPS). Termasuk menyoal kebutuhan bilik suara.

“(Jumlahnya) 7.424 TPS dikali lima. Begitu pun bilik suara 4 per TPS, posisinya sekarang ada di gudang di Kiaracondong nomor 441,” tuturnya.

Bilik suara yang digunakan untuk Pemilu nanti, kata Suharti, masih menggunakan bahan karton duplek bermelamin. Sementara bilik dan kotak suara tidak berbahan water resistent, melainkan hanya waterproof.

“Jadi kalau kena air memang tidak masalah, makannya kita rencana memindahkan gudang kita dari jalan rumah sakit ke Kiaracondong karena musim penghujan kita khawatir Gedebage masih banjir,” katanya.

“(Adapun) tahap dua baru pengadaan mudah-mudahan di Desember awal Januari sudah kita terima,” pungkas Suharti. (Zar)

Tinggalkan Balasan