Longsor Isolasi Satu Kampung di Leuwiliang

JABAR EKSPRES – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan akses Jalan Cianten, Kabupaten Bogor menuju Kabupaten Sukabumi tertimbun longsor. Lokasi longsor tersebut berada di Kampung Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bogor, Muhamad Adam Hamdani, hujan deras dengan waktu yang cukup lama membuat tekstur tanah yang labil pecah.

““Dikarenakan hujan deras dengan durasi yang cukup lama dan kontur tanah yang labil mengakibatkan banjir dan longsor serta menutup akses jalan,” ucapnya kepada wartawan, Rabu 22 November 2023.

BACA JUGA: 42 PKL di Simpang Ciawi Dibongkar

Desa Purasari dan Desa Puraseda di Kecamatan Leuwiliang menjadi titik yang terdampak akibat longsor dan banjir.

“Akses jalan ke Kampung Cisarua Desa Purasari longsor, sedangkan ada satu unit rumah rusak berat dan dua keluarga harus mengungsi,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, jalan desa menuju Kampung Cisarua masih tertutup longsor. Material longsor yang cukup tebal membuat pembersihan tidak dapat dilakukan dengan alat-alat manual.

“Untuk wilayah Desa Puraseda untuk dampak banjir sebagian ke area persawahan dan ke area rumah penduduk tapi sudah dibersihkan,” terangnya. (*)

BACA JUGA: Pembongkaran PKL di Ciawi Ricuh, Satpol PP: Kita Sudah Kasih Waktu!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan