Contoh Chat Ucapan Selamat Hari Guru di WA, Sopan dan Menyentuh

JABAR EKSPRES – Berikut contoh chat ucapan selamat Hari Guru di WhatsApp yang sopan dan menyentuh di bawah ini. Hari Guru Nasional setiap tahun diperingati pada 25 November.

Sehingga, tinggal menghitung hari untuk merayakan Hari Guru Nasional. Biasanya beberapa sekolah atau OSIS memiliki serangkaian acara menarik yang diselenggarakan di hari tersebut.

Namun, salah satu hal yang mudah yang dapat dilakukan oleh siswa untuk merayakan Hari Guru dapat dengan mengirimkan pesan ucapan kepada guru mereka.

Perlu diingat, meski dalam bentuk ucapan selamat peserta didik perlu memperhatikan etika dalam mengirim pesan kepada Bapak/Ibu guru.

Meskipun komunikasi melalui media sosial atau aplikasi pesan sudah menjadi hal biasa.  Simak etika menghubungi guru di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Ide Hampers Hari Guru Low Budget Buat Sendiri di Rumah

7 Etika Menghubungi Guru Lewat Chat

Dilansir dari laman SMAN 9 Batam, terdapat beberapa etika saat menghubungi guru menggunakan pesan yang harus dipahami para siswa-siswi yang mencakup beberapa poin penting berikut:

1. Perhatikan waktu saat mengirim pesan

Pilihlah waktu yang tepat untuk mengirim pesan kepada Bapak/Ibu guru, seperti pada saat jam kerja atau selama jadwal mengajar. Hindari mengirim pesan di luar jam kerja, terutama saat istirahat atau ibadah, dan hindari malam hari untuk menghormati waktu istirahat Bapak/Ibu guru.

2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal

Gunakanlah bahasa formal dan resmi saat berkomunikasi dengan Bapak/Ibu guru. Meskipun suasana komunikasi mungkin santai melalui chat, namun penggunaan bahasa yang baik dan benar tetap diperlukan.

Hindari bahasa alay dan singkatan dalam pesan.

BACA JUGA: 7 Ide Hadiah Hari Guru Nasional 2023 Simple dan Bermanfaat untuk Perempuan atau Laki-Laki

3. Diawali dengan mengucapkan salam

Mulailah percakapan dengan sopan yaitu dengan menyampaikan salam adalah hal yang wajib. Peserta didik dapat menggunakan salam seperti “Assalamualaikum” atau “Selamat Pagi/Siang/Sore.”

4. Gunakan kata ‘maaf’

Menggunakan kata “maaf” dalam pesan membantu menunjukkan sopan santun dan kerendahan hati, seperti contoh, “Mohon maaf mengganggu waktu Bapak/Ibu.”

Tinggalkan Balasan