Siswa SMAN 5 Cimahi Terpilih Jadi Duta Genre, Wakili Kota Cimahi dalam Program Ini

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Siswa SMAN 5 Cimahi terpilih untuk mewakili Kota Cimahi dalam program Genre (Generasi Berencana) dari BKKBN. Genre merupakan program yang dikemas untuk memudahkan penyampaian program kerja BBKBN seperti KB hingga kesehatan balita dan dewasa kepada pelajar usia remaja.

Nasywa Nayla Fitriani (17), salah satu siswa SMAN 5 Cimahi merupakan Duta Genre yang ditunjuk untuk mewakili Kota Cimahi.

Baca juga: Resmi! UMP Jawa Barat Sudah Naik, Ini Rinciannya

“Genre ada yang namanya pendidik sebaya, agar ngobrolnya enak, mendidiknya juga enak, jadi lebih nyaman. Kalau biasanya, umurnya lebih atas dari kita, kadang beda,” ujarnya pada Jabar Ekspres, Selasa 21 November 2023.

Nasywa juga memaparkan, dalam kegiatan Genre, dirinya beserta peserta lain diberi bekal apabila kelak membangun keluarga.

Selain itu, dibahas pula mengenai kesehatan reproduksi dan penanganan stunting.

“Karena apapun yang dibahas di Genre tetap membahas pada satu titik yaitu stunting,” jelasnya.

Nasywa menjelaskan, awal dirinya mengikuti program Genre mendapatkan informasi. Lalu mengikuti seleksi dari setiap wilayah masing-masing.

“Awalnya aku belum tahu ada Genre itu, aku tahunya dari pusat informasi remaja. Lalu aku masuk dan seleksi, jadi sebelum masuk ke kota, kita seleksi dulu untuk duta Genre di sekolah masing-masing,” terangnya.

Seleksi meliputi wawancara, unjuk kabisa, dan presentasi program kerja. Dalam kesempatan itu, Nasywa melakukan presentasi pernikahan dini.

“Kemarin presentasi program kerja pernikahan dini, setelah masuk di Kota Cimahi aku presentasi life skill kaya kemampuan dalam diri. Di Cimahi nanti ada interview dan pembekalan, administrasi juga di cek kelengkapannya,” terang Nasywa.

Menurut Nasywa, tahapan seleksi dengan tingkat kesulitan tertinggi adalah membuat presentasi program kerja yang harus dilaksanakan untuk lingkup se-Cimahi.

“Yang paling berat itu di presentasi, membuat program kerja yang harus dilaksanakan dan itu cakupan satu Cimahi dan harus terlaksana. Dari awal aku jadi duta Genre semarakkan program itu di sekolah dulu,” terang Nasywa.

Pembinaan OSIS SMAN 5, Catur Ahmaji mengapresiasi Nasywa untuk menjadi Duta Genre dan mewakili Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan