Lulus Uji Kelayakan, DPR RI Setujui Jendral Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI

Jabar Ekspres – Pada Selasa (21/11/2023), DPR RI resmi menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI. Jendral Agus terpilih menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024. Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin rapat tersebut.

BACA JUGA: Dicalonkan Tunggal Sebagai Panglima TNI, Ini Respon Jendral Agus Subiyanto

“Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan, fit and proper test, calon panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?” tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11).

Pertanyaan itu dijawab setuju oleh seluruh anggota DPR dan perwakilan fraksi yang hadir pada Sidang Paripurna tersebut.

Dalam rapat, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyampaikan hasil uji kelayakan calon panglima TNI. Jendral Agus dinilai memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menjadi panglima TNI.

“(Kemudian) Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai panglima TNI,” kata Meutya.

Usai disetujui DPR RI, Agus Subiyanto tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (22/11/2023) di Istana Negara pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Agus Subiyanto menjabat sebagai kepala Staf TNI Angkatan Darat (kasad) yang dilantik pada tanggal 25 Oktober 2023.

BACA JUGA: Bangga! Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi UNESCO

Jendral Agus dikenal sebagai sosok yang tegas dan berintegritas. Ia juga memiliki pengalaman yang luas di bidang militer.

Di bawah kepemimpinan Agus Subiyanto, TNI diharapkan dapat terus menjadi kekuatan pertahanan yang tangguh dan profesional. TNI juga diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan