Gelar Festival eNTeTe di Bogor, Ribuan Warga NTT Kompak Promosikan Ragam Budaya

JABAR EKSPRES – Ribuan warga Nusa Tenggara Timur (NTT) se-Bogor Raya kompak mempromosikan ragam seni budaya asli daerahnya di area Alun-alun Kota Bogor pada Sabtu, 18 November 2023.

Kegiatan bertajuk Festival eNTeTe 2023 ini menyuguhkan penampilan tari-tarian khas NTT, fashion show kain tenun NTT karya desainer Adinda Moeda hingga atraksi lintas budaya berupa penampilan musik angklung, jaipongan dan barongsai.

Tak hanya itu, beragam kuliner, cendramata dan aksesoris khas NTT hingga penampilan musisi NTT seperti Ivan Nestorman, Berto Pah, Gaspar Araja, Yunilia Edon, Anita Ngefak Manafe dan Apry Johannis Messah dihadirkan dalam momen tersebut.

Ketua Umum Forum Pemuda (FP) NTT, Johanes Hiba Ndale mengatakan, melalui kegiatan tersebut menjadi momentum bagi masyarakat khususnya warga Kota Bogor untuk mengenal lebih dalam mengenai keanekaragaman NTT.

BACA JUGA: Coldplay Sebut Konser Perdana di Indonesia Jadi Malam yang Tak Terlupakan!

Menurutnya, keragaman budaya yang dimiliki NTT menjadi keunikan tersendiri sehingga memiliki daya tarik bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

“Keunikan itu, harus menjadi keunggulan dan daya dorong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di NTT dimana pun. Perlu diketahui ada istilah baru dari NTT yaitu the new teritorial tourism,” ungkapnya saat dijumpai Jabar Ekspres disela-sela kegiatan.

Hal itu, sambung dia, sesuai dengan kondisi keadaan di NTT yang memiliki hampir 1200an pulau dengan berbagai budaya etnik.

Dengan begitu, pihaknya berambisi untuk menggelar rangkaian festival serupa di beberapa kota di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini, menjadi kampanye kita mempromosikan budaya dan wisata, makanya kita tampilkan tarian, musik, kuliner dan nyanyian dari NTT sekaligus sebagai ajang melepas rindu pada tanah kelahiran dan persatuan warga NTT di tanah rantau,” jelas Johanes.

“Saya mengajak semua teman-teman yang ada di Bogor Raya yang suka berwisata boleh datang ke NTT seperti ke Labuan Bajo yang sudah menjadi standar Internasional. Kalau mau berwisata semuanya lengkap mulai dari wisata laut, gunung, semuanya ada di NTT,” sambung dia.

Diketahui, dalam kesempatan itu juga sekaligus menjadi ajang pembentukan dan pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) FP NTT Bogor Raya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan