Gelar Festival eNTeTe di Bogor, Ribuan Warga NTT Kompak Promosikan Ragam Budaya

“Forum Pemuda NTT sudah ada di hampir 15 provinsi dan ini adalah salah satu DPD yang akan kita bentuk di Bogor Raya. Jadi, hari ini kita lantik pengurus DPD FP NTT Bogor Raya,” terang Johanes .

Di tempat yang sama, Komandan Pangkalan Udara Atang Sendjaja (Danlanud ATS), Marsekal Pertama TNI (Marsma) M Taufiq Arasj menyampaikan, terlaksananya festival tersebut menjadi pemantik bangkitnya keanekaragaman seni budaya di Indonesia.

“Ini menandakan bahwa dimana pun kita berada harus bisa eksis untuk melestarikan nilai budaya. Tapi satu hal yang perlu saya garis bawahi bahwa budaya dan kesenian yang ada bukan hanya sekedar untuk disaksikan, bukan hanya sekedar untuk dilestarikan dan bukan hanya sekedar untuk kita dengarkan, tapi kita harus mampu merubah budaya dan kesenian itu menjadi suatu nilai ekonomi sehingga berdampak untuk mensejahterakan masyarakat khususnya saudara-saudara kita dari NTT dimana pun mereka berada,” tegasnya.

Ia pun mengapresiasi inisiasi panitia dan masyarakat NTT yang bisa berkolaborasi dengan TNI, Polri, ormas, kelompok masyarakat dan lain sebagainya untuk bisa bergabung dalam pelestarian budaya ini.

“Dengan kolaborasi seperti ini sudah membuka jalan apa yang bisa kita buat dan kerjakan sama-sama untuk menjaga dan melestarikan seni budaya Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Nusa Tenggara Timur Benjamin Mbooh yang akrab dipanggil Ben menilai, saat ini pembauran sudah terjadi multi etnis di Indonesia, terutama adanya perantauan yang tinggal dan hidup di wilayah Jabodetabek termasuk di Bogor Raya.

BACA JUGA: Ganti Bendera LGBT Menjadi Bendera Putih, Ini Komentar COLDPLAY untuk Pemerintah Indonesia

Untuk membangun akulturasi dan percampuran etnis budaya tersebut maka Festival Budaya eNTeTe 2023 yang digelar bisa menjadi perhatian bagi masyarakat agar bisa mengenal budaya dan adat istiadat dari wilayah timur Indonesia.

“Wilayah timur Indonesia, menyimpan segudang pesona untuk menjadi salah satu daya tarik yang perlu diketahui secara luas. Sehingga lewat acara ini memberikan satu wawasan bagi masyarakat yang tinggal di Bogor dan sekitarnya untuk bisa mengenal semua suku, budaya, seni dan potensi wisata yang ada di Indonesia, sehingga rasa persaudaraan semakin erat,” tandas Ben. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan