Perlu Ada Terobosan Ekstrim untuk Mengatasi Masalah Kemacetan Bandung

JABAR EKSPRES – Anggota DPRD Kota Bandung Komisi C Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Iman Lestariyono mengatakan, harus ada terobosan ekstrim dalam menyikapi kemacetan Kota Bandung.

“Selain isu sampah dan banjir, isu macet itu masih menjadi isu krusial yang kalau diklasemenkan, ketika isu ini berada di puncak klasemen,” ujar Iman saat didatangi Jabar Ekspres, Jumat, 17 November 2023.

Seakan menjadi isu yang diwariskan, macet di Kota Bandung masih belum menemukan penyelesaian efektif. Diungkapkan Iman,bahwa memang hal ini harus membutuhkan inovasi baru.

“Selain inovasi, tentu harus ada terobosan yang ekstrim serta kebijakan yang ekstrim yang bersifat positif untuk menyelesaikan persoalan ini. Karena, kalau saya lihat kebijakan-kebijakan yang dilakukan masih serba nanggung,” kata Iman.

Iman menyebutkan, urusan macet bukanlah urusan baru. Akan tetapi, melihat kondisi hari ini masih belum bisa diselesaikan, karena tidak menyelesaikan persoalan di hulu.

BACA JUGA: Disdukcapil Kota Bandung Klaim Proses Pembuatan KTP Telah Berangsur Normal

“Hulu itu jangan sekedar menunjuk masyarakat, tapi hulu berarti juga pimpinan kepala pemerintahan. Dalam hal ini juga pasti melibatkan eksekutif dan legislatif,” tegasnya.

Di sisi lain, Iman menyampaikan, urusan macet ini pasti dirasakan oleh kota besar lainnya. Karena secara populasi, kota besar ini akan memiliki jumlah populasi yang besar juga.

Keharusan adanya terobosan ekstrim ini, dikarenakan Kota Bandung memiliki jalanan yang terbatas, yang secara desainnya dulu hanya untuk 300 ribuan penduduk dan sekarang sudah mencapai kurang lebih 2,5 juta jiwa.

Adapun kondisi yang harus hadir, seperti transportasi publik yang harus disiapkan. Tentu dengan kenyamanan yang akan menjadi alasan bagi masyarakat untuk memilih transportasi publik.

“Hal tersebut harus saling terintegrasi secara kebijakan, harus dari provinsi yang mengeluarkan. Karena kebijakannya pasti akan menyertakan Bandung Raya,” ucap Iman.

Hal lainnya, dari transportasi umum, harus ada pemerataan rute tujuan agar menyentuh semua kebutuhan mobilitias masyarakat Kota Bandung.

BACA JUGA: Pakar Berbicara Masalah Sampah di Kota Bandung, Lagi-lagi Soal Kesadaran Masyarakat

Namun, yang menjadi masalah adalah Kota Bandung sendiri tidak memiliki ruas jalan yang lebar seperti kota besar lainnya. Seperti Jakarta. Dampaknya sulit untuk angkutan umum yang besar melalui jalan yang terbatas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan