Gempa M2,9 Guncang Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Gempa bumi berkekuatan 2,9 magnitudo guncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya. Kejadian hari Rabu, 15 November 2023, sekitar pukul 04.15 WIB, dini hari.

Menurut informasi resmi dari BMKG, gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu merupakan gempa tektonik. Episenter gempa terletak pada koordinat 7.24 LS dan 107.67 BT atau berlokasi di darat pada jarak 25 km Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

BACA JUGA: Disparbud Kabupaten Bandung Harap Sesi Jeda Piala Dunia U-17 Dapat Fasilitasi Atlet untuk Kunjungi Tempat Wisata

Gempa tersebut terjadi akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. BMKG menerima laporan dari masyarakat, bahwa guncangan terasa di wilayah Cikembang, Kecamatan Kertasari dengan Skala Intensitas II – III MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun, pihak BMKG maupun pemerintah setempat belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan ataupun korban dari dampak gempa bumi.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, melalui keterangan resmi, Rabu, 15 November 2023.

BACA JUGA: Jelang Nataru Sejumlah Bahan Pangan di Kota Bandung Mulai Naik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan