Bantuan El Nino November 2023 Akan Segera Cair, Ini Cara Cek Status Bantuannya

JABAR EKSPRES- Bantuan El Nino. Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyelesaikan proses penyaluran bantuan sosial dari Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2023, berhasil menyalurkan sebanyak 98,20 persen dari target yang ditetapkan.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menyampaikan bahwa meskipun dana telah disalurkan ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM), masih ada sejumlah penerima yang belum melakukan transaksi. Hal ini bisa disebabkan karena ketidaktahuan bahwa dana telah tersalurkan atau karena adanya hambatan seperti jarak tempuh yang jauh atau kondisi kesehatan.

“Meskipun dana sudah masuk ke rekening di bank, terkadang penerima belum melakukan transaksi karena mereka tidak menyadari. Kami sudah mentransfer ke rekening mereka, namun belum ada transaksi. Mungkin ada yang jauh atau sedang dalam kondisi sakit sehingga sulit untuk pergi ke bank,” ujar Risma seperti yang dilaporkan oleh Antara pada hari Selasa, tanggal 7 November 2023.

BACA JUGA: Kemensos Akan Cairkan BLT EL Nino November 2023, Ini Cara Cek Melalui Website

Pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400 ribu. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa BLT tersebut akan diberikan selama dua bulan, yakni pada November-Desember 2023. Para penerima BLT nantinya akan menerima bantuan sebesar Rp200 ribu setiap bulannya.

“Proses penyalurannya akan dipercepat pada periode November 2023 hingga Desember 2023 dengan melakukan satu transfer sekaligus untuk dua bulan,” ungkapnya dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, pada hari Senin, tanggal 6 November.

Adapun syarat untuk menjadi penerima Bantuan El Nino adalah bagi masyarakat yang tergolong dalam kategori kelompok miskin dan telah terdaftar sebagai penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan BLT El Nino kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Dia juga menegaskan bahwa Menteri Sosial Tri Rismaharini beserta timnya sudah memiliki data calon penerima BLT, sehingga tidak diperlukan pengumpulan data baru.

Masyarakat memiliki kemampuan untuk melakukan pengecekan status mereka sebagai penerima Bantuan El Nino secara online melalui dua cara. Pertama, dengan mengunjungi situs resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id. Kedua, melalui penggunaan aplikasi Cek Bansos yang telah dirilis oleh Kemensos.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan