Pengmas FKG Unjani Gelar Sikat Gigi Massal di SDN Ciburial 1 Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Dua dosen dan 25 mahasiswa co-ass Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Univeristas Jenderal Achmad Yani (Unjani) melaksanakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di SDN Ciburial 1, Desa Mekarsaluyu, Kabupaten Bandung, Senin (13/11).

Perwakilan Tim Pengmas FKG Unjani drg Marlin Himawati, Sp.Ort, MDSc., drg Sri Sarwendah, MHKes mengatakan, Pengabdian Masyarakat merupakan bentuk pengabdian diri dari calon dan seorang dosen yang dituntut untuk melakukan tri darma.

”Jadi, selain pengajaran dan penelitan, seorang dosen juga harus menyempatkan waktnya untuk melakukan bakti kepada masyarakat luas,” ujarnya, melalui siaran tertulis yang diterima Jabar Ekspres, baru-baru ini.

Dia menyebutkan, sedikitnya ada dua dosen dan 25 mahasiswa co-ass FKG Unjani yang terlibat dalam Pengmas yang bekerjasama dengan LPPM Unjani.

”Kegiatan pengabdian masyarakatnya berupa sikat gigi massal dan pemberian Topical Aplikasi Fluoride (TAF) di anak kelas 1 SDN Ciburial 1, Desa Mekarsaluyu,” sebutnya.

Dia mengaku,para siswa tampak sangat antusias dalam kegitan tersebut. ”Sebelum anak-anak menyikat gigi, diberikan pengajaran cara menyikat gigi yang baik dan benar, kemudian mereka mempraktikan di luar dengan didampingi oleh kakak-kakak co-ass,” terangnya.

Pada kegiatan itu, para siswa tidak perlu membawa sikat gigi dan pasta gigi sendiri, tetapi diberi oleh tim Pengmas FKG Unjani.

“Kami juga memberikan hadiah alat tulis kepada anak yang sudah melakukan sikat gigi dengan baik dan kooperatif diberikan aplikasi Fluoride,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan