Dukung Program Strategis Pemerintah, BPJS Ketenagakerjaan Bangun Kantor di IKN

Pada akhir tahun 2026 BPJS Ketenagakerjaan menargetkan mampu melindungi hingga 70 juta pekerja dan memiliki kelolaan dana sebesar Rp 1.001 Triliun.

Konsep Bangunan

Berdiri di atas tanah seluas 1,19 hektar, Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan akan dibangun dengan konsep yang memadukan 3 unsur utama yaitu alam, budaya dan manusia.

Gedung setinggi 8 lantai tersebut, terdiri dari dua blok bangunan yang disatukan oleh sebuah hutan kota yang memiliki sinergi dengan hutan lindung di belakangnya. Penggunaan material-material terbarukan menjadi salah satu nilai tambah dalam pembangunan gedung ini.

Bangunan juga dibuat berterasering untuk menyesuaikan kontur alam serta menumbuhkan kesan bahwa bangunan tersebut seolah-olah tumbuh dari tanah tempatnya berdiri.

Selaras dengan semangat IKN sebagai ibukota hijau, bangunan kantor BPJS Ketenagakerjaan didominasi oleh ruang terbuka dan koridor berpenghawaan alami. Dimana setiap ruang memiliki sistem pendinginan dan pencahayaan alami, sehingga mampu mengurangi penggunaan energi yang berlebihan.

Selain itu, tersedia juga beberapa fasilitas pendukung lain diantaranya jogging track, lapangan terbuka, arena amphitheatre dan lapangan olahraga tertutup.

Selain itu, sentuhan budaya pun dituangkan lewat desain sirip bangunan yang terinspirasi dari tenun dayak.

Kedepan, proses pembangunan dan pemindahan 250 karyawan akan terbagi dalam beberapa tahap yang diperkirakan selesai seluruhnya pada tahun 2025.

Anggoro berharap proses pembangunan kantor pusat dapat berjalan lancar, sehingga nantinya mampu mempercepat tercapainya universal coverage jamsostek, agar para pekerja bisa Kerja Keras Bebas Cemas.

”Kami siap mendukung apa yang menjadi cita-cita Bapak untuk kemajuan Bangsa, melalui penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja Indonesia dan keluarganya, agar mereka dapat hidup lebih sejahtera,”tutup Anggoro.

Terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Opik Taufik turut merasa bangga dan senang dengan telah di mulainya pembangunan Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan IKN.

Menurutnya, Pembangunan tersebut merupakan bukti komitmen sekaligus keseriusan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja.

”Hadirnya BPJS Ketenagakerjaan di IKN menjadi sangat penting untuk dapat memastikan seluruh pekerja terlindungi atas risiko sosial ekonomi yang terjadi,” ujar Opik.

Tinggalkan Balasan