Diguyur Hujan Deras, Jalan Dadali Kota Bogor Sering Tergenang

JABAR EKSPRES – Jalan Dadali di Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor kerap kali mengalami banjir lintasan ketika wilayah Kota Bogor diguyur hujan intensitas tinggi.

Kondisi tersebut menyulitkan para pengendara khususnya sepeda motor yang hendak melintas menuju kawasan Taman Heulang maupun yang mengarah ke Jalan Ahmad Yani atau Simpang Waung Jambu.

Pasalnya, tak jarang debit air hujan yang mengguyur deras menyebabkan badan jalan tergenang lebih dari 20 sentimeter hingga mengalir deras ke ruas jalan lainnya. Mirisnya, banjir lintasan di Jalan Dadali dengan arus air cukup deras bukan kali pertama terjadi.

Baca juga: Hilangnya Petugas Jasa Marga di Bogor Masih Misterius, Tim SAR Gabungan Sisir Jarak 8 Kilometer

Di tahun lalu tepatnya Oktober 2022 silam, kondisi tersebut sempat menimbulkan korban jiwa. Seorang mahasiswi IPB University dikabarkan tewas usai terseret banjir dan terperosok ke gorong-gorong bersama sepeda motornya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas tak mengelak. Ia membenarkan Jalan Dadali kerap dilanda banjir seperti kemarin (13/11).

“Iya benar, pas hujan deras memang luapan air cukup deras yang mengalir di Jalan Dadali. Sekarang sudah normal kembali,” kata Teofilo pada Selasa, 14 November 2023 sore.

Namun dirinya memastikan, pihaknya sudah bergerak untuk melakukan upaya awal guna menanggulangi dan menghindari adanya peristiwa yang tak diinginkan, dengan mengerahkan tim untuk mengecek saluran drainase disejumlah titik Jalan Dadali.

“Alhamdulillah, (hari ini) blom ada laporan (tergenang). Semoga aman. Lagi pula di kota hujan sore ini gak terlalu besar,” sebutnya saat dihubungi Jabar Ekspres.

Kendati demikian, dirinya mengimbau kepada masyarakat khususnya pengendara agar berhati-hati dan jika perlu menghindari Jalan Dadali ketika banjir sudah seperti yang terjadi kemarin.

“Kami berharap kepada masyarakat waspada saat hujan dengan intensitas tinggi, dan pas luapan air kayak kemarin itu perlu dihindari,” pesan Teo sapaannya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemeliharaan Kebinamargaan pada Dinas PUPR Kota Bogor, Dian Setiawan mengaku, bahwa pihaknya sudah melakukan langkah penanganan terkait banjir di Jalan Dadali dan beberapa ruas jalan lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan