Jelang Pemilu 2024, Forkopimda Kabupaten Bandung Safari ke Tujuh Partai Politik

JABAR EKSPRES – Menjelang Pemilu 2024, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bandung melaksanakan safari ke tujuh partai politik. Ketujuh partai politik di Kabupaten Bandung tersebut di antaranya Partai Gerindra, Golkar, PKS, PDI Perjuangan, PPP, PKB, dan Demokrat.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, safari ke tujuh partai itu bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif dalam pemilu 2024 nanti.

“Untuk mengingatkan kembali kepada para partai politik agar terciptanya suasana yang aman dan kondusif dalam Pemilu 2024,” ujar Kusworo saat dikonfirmasi, Minggu, 12 November 2023.

Kusworo menambahkan, selain melakukan kunjungan, pihaknya pun, bersama ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung, kembali menyampaikan hal-hal yang tidak diperbolehkan seperti masa kampanye dan lainnya.

“Khususnya, Ketua Bawaslu menyampaikan hal-hal yang tidak diperbolehkan. Jangan sampai nanti melanggar hukum, baik itu administrasi maupun perdata, maupun pidana,” katanya.

BACA JUGA: Viral Ambulans RSUD Leuwiliang ‘Disembunyikan’, Bupati Bogor Minta Rumah Sakit Kedepankan Humanis

Selain itu, kata Kusworo, tujuan diadakannya safari ini juga untuk menampung informasi bila nantinya ada terjadi konflik pada pelaksanaan pemilu 2024.

“Sehingga apabila ada suatu hal-hal yang merupakan potensi konflik, sehingga bisa segera kami komunikasikan dengan wilayah,” tuturnya.

Pihaknya nya pun tak segan, jika seandainya ada unsur pidana baik umum dan pidana pemilu akan segera mengkomunikasikannya dengan Bawaslu.

“Seandainya itu merupakan pidana umum, dan seandainya itu merupakan pidana pemilu, segera kami komunikasikan dengan bawaslu untuk ditindaklanjuti sebelum permasalahannya menjadi besar,” jelasnya.

Disinggung mengenai mengapa hanya tujuh partai yang didatangi, Kusworo menyebutkan, jika ketujuh partai tersebut sudah mewakili partai-partai yang lain.

“InsyaAllah, sebagian besar tadi sudah kita datangi. Mungkin juga karena keterbatasan waktu tidak bisa menghadiri semuanya. Namun, sudah terwakili oleh partai-partai yang sudah kami datangi,” terangnya.

BACA JUGA: Sedang Buka Kios, Dua Pria Datang Lakukan Aksi Penodongan Sajam di Siang Bolong

Safari yang dilakukan Forkopimda Kabupaten Bandung ini diapresiasi ketujuh Ketua Partai Politik. Menurutnya, safari tersebut merupakan hal yang sangat positif sekaligus untuk menjaga kondusifitas Kabupaten Bandung selama Pemilu 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan