Rekomendasi Sarapan Khas Orang Bandung, Mana Favorit Kamu

JABAR EKSPRES – Orang Bandung memiliki beberapa menu sarapan khas yang tidak dimiliki di daerah lain. Beberapa menu ini mungkin ada di daerah lain, namun penyajian dan rasanya akan sangat berbeda dengan yang ada di Bandung.

Bahkan banyak orang khususnya wisatawan yang penasaran dengan rasa makanan khas yang biasa dikonsumsi orang Bandung untuk sarapan.

Beberapa menu sarapan ini sengaja disajikan panas, mengingat cuaca Bandung dipagi hari yang dingin, sehingga makanan hangat akan sangat cocok menjadi penghangat badan.

Baca juga : 7 Ide Sarapan yang Bikin Semangat Seharian, Wujudkan Hari yang Penuh Energi!

Beberapa menu bahkan ada yang merupakan makanana khas daerah lain, namun menjadi menu wajib untuk sarapan di Bandung. Seperti kupat tahu dari Singaparna, soto ayam dari madura, Sate maranggi dari Purwakarta dan banyak lagi lainnya.

Sarapan Khas Orang Bandung

Berikut daftar makanan yang menjadi menu sarapan khas orang Bandung, yang juga banyak difavoritkan oleh wisatawan luar Bandung saat mereka berkunjung ke Kota Kembang ini.

1. Bubur Ayam

Bubur ayam terbuat dari beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat.

Menu pelengkap bubur ayam biasanya ada irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan terkadang diberi kaldu ayam.

Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kacang tanah goreng, cakwe, dan kerupuk.

Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabai disajikan secara terpisah.

Di Bandung sangat banyak ditemukan penjual bubur ayam dipinggir jalan, dengan penyajian yang kadang-kadang berbeda disetiap penjualnya.

2. Kupat tahu

Kupat tahu makanan tradisional yang ada dibeberapa daerah di Indonesia. Untuk wilayah Sunda, kupat tahu yang paling terkenal adalah kupat tahu SIngaparna.

Kupat tahu berbahan dasar ketupat, tahu, dan tauge yang telah digoreng, dicampur dengan bumbu kacang dan kecap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan