Kota Cimahi Tanggulangi Stunting Melalui Aksi Bergizi dan Pembagian Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri

JABAR EKSPRES – Kota Cimahi giat mencegah stunting dengan edukasi sejak dini. Aksi Bergizi digelar sebagai langkah preventif, menyadarkan masyarakat akan pentingnya nutrisi untuk pertumbuhan anak sejak usia dini.

Menurut Sekertaris Dinkes Kota Cimahi, Reri Marliah menjelaskan, dalam rangka pencegahan stunting, Kota Cimahi menggelar Aksi Bergizi dan Tablet Tambah Darah (TTD) pada siswi-siswi pelajar.

“Dalam rangka pencegahan stunting, Kota Cimahi menggelar Aksi Bergizi dan Tablet Tambah Darah (TTD), melibatkan 13 sekolah dengan 3810 siswa, mendukung visi pencetakan generasi emas 2045,” ucapnya pada awak media, Jumat, 10 November 2023.

BACA JUGA: JFLS Expo Sosialisasikan Beasiswa untuk Pelajar SMA dan SMK di Kota Cimahi, Berikut Persyaratannya!

Membahas stunting di Kota Cimahi, Reri mengungkapkan bahwa tingkat stunting saat ini mencapai 16,7%, melampaui target 10,01%. Namun, setiap tahun, angka stunting di Cimahi mengalami penurunan.

“Di Kota Cimahi sendiri angka stunting saat ini mencapai 16,7 % target kita di 10,01%, setiap tahunnya angka stunting di Cimahi turun,” ucapnya.

Reri mengatakan, di Kota Cimahi terdapat dua kumpulan data yang menunjukkan penurunan signifikan dalam tingkat stunting. Menurut EBPGM dan SSGI, tingkat stunting saat ini mencapai 9,7%.

Ia pun mengimbau bagi ibu hamil agar tetap menjaga pola makan serta jangan sampai kekurangan gizi.

“Kepada ibu hamil, disarankan untuk menjaga pola makan agar tidak kekurangan gizi. Lakukan pemeriksaan kesehatan atau kehamilan minimal 6 kali di fasilitas kesehatan. Calon pengantin, dapatkan edukasi tentang cara menjaga reproduksi dengan baik,” kata Reri.

BACA JUGA: Upaya Wujudkan Cimahi Zero to Landfill, DLH Siapkan TPS Santiong untuk Sampah Mandiri

Pada awak media PJ Wali kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, upaya saat ini fokus di hulu, terutama bagi remaja putri, mencegah Anemia. Aksi bergizi untuk anak sekolah dengan edukasi olahraga, sarapan sehat, dan Tablet Tambah Darah.

“Saat ini, kami fokus pada langkah preventif di kalangan remaja putri untuk mencegah anemia. Aksi Bergizi kami bertujuan memberikan edukasi tentang pentingnya olahraga, sarapan bergizi, dan membiasakan minum Tablet Tambah Darah seminggu sekali untuk kesehatan anak-anak sekolah,” ucap Dicky.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan