Keliling Langsung Proyek Strategis di Kawasan Metropolitan Rebana untuk Yakinkan Investor

JABAR EKSPRES – Hari kedua Rebana Expo 2023, para investor diajak keliling menuju sejumlah proyek di Kawasan Metropolitan Rebana. Itu untuk lebih meyakinkan para investor terkait kesiapan infrastruktur maupun sarana penunjang kawasan tersebut.

Berangkat dari Kota Cirebon, rombongan pertama menuju Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Cirebon. Kampus di Kecamatan Arjawinangun itu bakal menjadi salah satu lumbung pencetak tenaga profesional. Termasuk menunjang kebutuhan SDM di Kawasan Metropolitan Rebana.

Di kampus tersebut tersedia sejumlah Program Studi yang cukup relevan untuk Kawasan Metropolitan Rebana. Di antaranya Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, hingga Teknik Geofisika. “Ini kampus keren, bakal jadi tonggak penting untuk Kawasan Metropolitan Rebana,” kata Kepala Badan Pengelola (BP) Kawasan Metropolitan Rebana Bernardus Djonoputro.

BACA JUGA: Rebana Expo 2023 untuk Pikat Investor Dalam dan Luar Negeri

Selepas dari ITB Kampus Cirebon, rombongan kemudian menuju Bendungan Cipanas. Bendungan di Kabupaten Sumedang itu bakal menjadi salah satu pemasok air untuk Kawasan Metropolitan Rebana. Setidaknya, bendungan itu memiliki kapasitas 250,81 meter kubik. Atau lebih besar 10 kali dari Bendungan Kuningan.

Berikutnya, rombongan diajak berkeliling ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Bandara di Kertajati itu tentu jadi fasilitas yang strategia bagi kawasan. Karena tidak hanya melayani penerbangan domestik tapi juga luar negeri.

BIJB setidaknya memiliki 3.000 x 60 m dimensi runway. Lalu, bandara itu bisa berkapasitas 5,6 juta penumpang pertahun. BIJB memiliki lahan 1.800 hektar untuk bandara dan 3.480 hektar aerocity.

Terakhir, rombongan diajak meninjau Pelabuhan Patimban. Pelabuhan di Kabupaten Subang itu bakal menjadi sarana strategis untuk transportasi jalur air.

BACA JUGA: Inovasi Pelaminan Jempol Disdukcapil Bandung Disambut Antusias, 66 Warga Urus Pencatatan Perkawinan Massal

Gala Dinner jadi Malam Kearaban dan Networking Investor

Kamis (9/11) malam, para investor yang datang ke Rebana Expo 2023 juga dijamu di Gedung Negara Kota Cirebon. Malam jamuan itu bertajuk Gala Dinner, berlokasi di halaman Gedung Negara yang ada di Kelurahan Kesenden tersebut.

Malam itu bukan sekedar menikmati santap malam, tetapi menjadi kesempatan yang asyik untuk membangun relasi atau networking. Para investor dapat santap malam sambil berdiskusi bisnis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan