Karena Hal Ini Gianni Infantino Mengaku Siap Buka Kantor FIFA Cabang Indonesia

Jabar EkspresGianni Infantino, Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), memberikan sinyal bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu negara terkemuka untuk sepak bola, tidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga di kawasan Asia dan dunia.

Hal ini disampaikan Infantino saat menerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Infantino mengatakan, besarnya populasi Indonesia serta semangat dan kecintaan penduduknya terhadap sepak bola, menjadi modal penting yang harus terus dikembangkan untuk memajukan dunia sepak bola.

“Sepak bola adalah olahraga nomor satu di Indonesia. Namun, yang penting kita tidak hanya fokus pada sepak bola di Indonesia saja, tetapi bagaimana bisa memainkan peran penting di Asia dan dunia,” kata Infantino.

BACA JUGA: Kedatangan Presiden FIFA ke Indonesia, Bawa Sinyal Positif untuk Sepak Bola Indonesia

Untuk mewujudkan visi tersebut, Infantino mengatakan, FIFA siap bekerja sama lebih erat dengan Indonesia, termasuk dengan membuka Kantor FIFA di Jakarta.

“Ketika saya datang ke sini tahun lalu setelah peristiwa tragis yang terjadi, kami memutuskan bahwa kami perlu meningkatkan kehadiran FIFA karena negara ini layak mendapatkannya,” kata Infantino.

Keputusan FIFA untuk membuka kantornya di Jakarta dilatarbelakangi tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, tahun lalu yang mengakibatkan ratusan korban jiwa dan luka-luka.

Dengan kehadiran kantor FIFA di Jakarta, maka federasi tersebut akan bisa lebih intensif membantu asosiasi sepak bola Indonesia dengan menyediakan berbagai ahli persepakbolaan.

“Dengan berkantor di sini, kami memiliki pakar yang berbeda-beda dalam hal hubungan dengan asosiasi nasional, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi untuk seluruh Asia Timur. Ahli di bidang keselamatan dan keamanan, juga ahli di stadion dalam memerangi pengaturan skor dan penyakit sepak bola lainnya. Juga yang terpenting, ahli dalam hal mengorganisasi kompetisi pengembangan pemain. Semua pusat keunggulan ini akan berbasis di Jakarta dan hasilnya akan segera terlihat,” tutur Infantino.

BACA JUGA: Presiden FIFA Tak Sabar Menyaksikan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan