Angin Puting Beliung Melanda Cidahu Sukabumi, Begini Dampaknya

JABAR EKSPRES – Hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi di dua desa, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Peristiwa itu terjadi pada Kamis 9 November 2023 sekitar pukul 17.00 WIB.

Dalam pantauan Jabar Ekspres pada Jumat 10 November 2023, Desa Girijaya menjadi salah satu wilayah yang terkena angin puting beliung, terlihat atap rumah serta barang lainnya milik warga yang hancur akibat peristiwa tersebut.

Ajun (70) salah satu warga Kampung Jabon, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu membeberkan kronologis kejadian ketika rumahnya terkena hantaman angin puting beliung tersebut.

Baca juga: Polemik Logistik Pemilu 2024, Kapolres Banjar Beberkan Kendala ini

“Saya sedang di rumah, tiba-tiba angin kencang, hujan deras disertai suara geledek,” ujarnya saat ditemui Jabar Ekspres, Jumat 10 November 2023 sore.

Dirinya juga mengatakan, saat itu melihat angin berwarna kehitaman berada di sekitar rumahnya. Dengan suasana panik dan mencekam, Ajun  segera mengamankan anaknya ke dalam rumah.

“Saya sedang di luar, lihat angin hitam, saya panik bergetar, saya menyuruh masuk dulu anak-anak ke dalam rumah,” jelasnya.

Dalam pantauan langsung di lokasi, terlihat rumah Ajun mengalami kerusakan di bagian atap rumah, plafon, hingga tiang parabola yang rubuh.

Diberitakan sebelumnya, Hujan lebat disertai angin puting beliung, melanda dua desa di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, fenomena tersebut terjadi pada Kamis, 9 November 2023. Beruntung, saat peristiwa itu terjadi tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Sukabumi, peristiwa itu merusak sebanyak 126 rumah di dua Desa, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dengan rincian, Desa Girijaya terdapat 44 rumah rusak dan di Desa Cidahu 82 unit rumah yang mengalami kerusakan. (Mg9)

Baca juga: Investasi Bodong Rp2,8 Miliar di Kabupaten Ciamis, Polisi Beberkan Modusnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan