Wakil Ketua Saldi Isra Umumkan Suhartoyo Jadi Ketua MK, Pengambilan Sumpah Dilakukan Pekan Depan

JABAR EKSPRES – Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra resmi mengumumkan Suhartoyo menjadi Ketua MK menggantikan posisi Anwar Usman. Pengambilan sumpah jabatannya akan diadakan pada Senin, 13 November 2023 mendatang.

“Hari Senin (pekan depan) akan diambil sumpahnya di ruangan ini,” ujar Saldi Isra kepada awak media pada Kamis, 9 November 2023.

Diketahui sebelumnya, penetapan Ketua MK Suhartoyo telah dilaksanakan pada Kamis, 9 November 2023 sejak pukul 09.00 WIB.

Keputusan tersebut berdasarkan sembilan hakim konstitusi yang hadir dalam rapat pleno hakim (RPH).

Baca juga: Tok! Suhartoyo Resmi Geser Posisi Anwar Usman sebagai Ketua MK

Menurut Saldi Isra, dari sembilan hakim konstitusi yang masih menjabat, hanya dua nama yang bersedia menjadi Ketua MK. Yakni dirinya sendiri dan Suhartoyo.

Kemudian, keduanya meminta waktu untuk menjalani diskusi berdua untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua MK.

Akhirnya setelah menjalani musyawarah, keduanya bersepakat bahwa Suhartoyo sebagai Ketua MK dan Saldi Isra sebagai Wakil Ketua MK.

Dengan terisinya jabatan ketua, maka komposisi MK sudah seluruhnya terpenuhi. Saldi Isra juga menyatakan bahwa pihaknya siap untuk memperbaiki diri agar ke depannya dapat menjalankan amanah sebaik mungkin.

Selain itu, dirinya memohon dukungan publik agar dapat menghadapi situasi ke depan, terutama sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Saldi Isra memaparkan, hal ini merupakan perwujudan dari perintah Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie mengenai penetapan Ketua MK setelah pemberhentian Anwar Usman.

Penyebab pencopotan jabatan Anwar Usman tersebut, akibat terjerat pelanggaran kode etik berat. Yakni melanggar Prinsip Ketidakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan dalam Sapta Karsa Hutama.

Baca juga: MK Pilih Ketua Baru, Anies Baswedan Berharap Hal ini

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan