Tok! Suhartoyo Resmi Geser Posisi Anwar Usman sebagai Ketua MK

JABAR EKSPRES – Suhartoyo resmi menduduki posisi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan posisi Anwar Usman. Hal ini berdasarkan keputusan sembilan Hakim Konstitusi yang telah melaksanakan sidang tertutup pada Kamis, 9 November 2023 pukul 09.00 WIB.

Wakil Ketua MK sekaligus pemimpin pemilihan Ketua MK pengganti Anwar Usman Saldi Isra, telah resmi menyatakan bahwa Suhartoyo sebagai Ketua MK.

“Untuk menjadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Dr. Suhartoyo dan Saldi Isra jadi Wakil Ketua (MK),” ungkapnya kepada awak media pada Kamis, 9 November 2023.

Baca juga: Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK Dilaksanakan Hari ini

Menurutnya, keputusan tersebut merupakan wujud dari musyawarah yang menghasilkan mufakat. “Itulah wujud musyawarah mufakat kami,” sambungnya.

Agenda selanjutnya, akan dilaksanakan sumpah jabatan yang akan dilaksanakan pada Senin, 13 November 2023 mendatang.

Dengan diputuskannya Suhartoyo sebagai Ketua MK baru, Saldi Isra memaparkan bahwa kini seluruh komposisi MK telah terpenuhi.

Saldi Isra berharap dengan adanya komposisi baru ini menjadi pijakan baru untuk memperbaiki diri ke depannya.

Dirinya juga meminta dukungan masyarakat agar bisa menghadapi sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang dengan lebih baik.

“Bisa menapak secara pasti mulai dari hari ini, untuk memperbaiki diri dan mendapatkan dukungan publik dalam menghadapi situasi ke depan, terutama sengketa Pemilu yang sebentar lagi akan menghampiri kita semua,” pungkasnya.

Baca juga: MK Pilih Ketua Baru, Anies Baswedan Berharap Hal ini

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan