MK Pilih Ketua Baru, Anies Baswedan Berharap Hal ini

JABAR EKSPRES – Pemilihan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI pengganti Anwar Usman akan dilaksanakan hari ini, Kamis 9 November 2023. Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan memberikan tanggapan terkait perubahan tersebut.

Anies Baswedan berharap agar proses pemilihan pemimpin konstitusi itu berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga bisa menjaga marwah salah satu Konstitusi tertinggi di Indonesia.

“Mudah-mudahan prosesnya berjalan baik, dengan lancar, dan hasilnya bisa menghadirkan kepemimpinan yang makin bisa menjaga marwah mahkamah salah satu tertinggi di republik ini,” ungkap Anies usai menghadiri Rakernas LDII di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis 9 November 2023.

Baca juga: Mekanisme Pemilihan Ketua MK Pengganti Anwar Usman, Fajar: Secara Musyawarah Mufakat

Diketahui sebelumnya, Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie telah menjatuhkan sanksi berupa pemberhentian jabatan Ketua MK kepada Anwar Usman atas kesalahannya, yaitu pelanggaran kode etik berat.

Terdapat sejumlah pelanggaran yang dilakukan Anwar Usman, di antaranya menyangkut dengan pelanggaran Prinsip Ketidakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan dalam Sapta Karsa Hutama.

Kemudian, Jimly mengarahkan untuk dilakukan pergantian pemimpin MK selama 2×24 jam sejak putusan tersebut dibacakan.

Dalam upaya melaksanakan perintah tersebut, Sekretaris Jendral (Sekjen) MK Heru Setiawan akan melaksanakan pemilihan pemimpin baru MK di gedung MK, Jakarta Pusat pada hari ini, Kamis, 9 November 2023.

Baca juga: Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK Dilaksanakan Hari ini

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan